Angkasa Pura 2

Wakan: Pangkas Waktu Tunggu Skytrain dari 13 Menjadi 6 Menit

Bandara EmplasemenKamis, 10 Januari 2019
IMG-20190110-WA0005

Uji_Coba_Skytrain

JAKARTA (BeritaTrans.om) – GM Bandara Cabang Utama Soekarno-Hatta (Soetta) Suriawan Wakan mengatakan, pihaknya akan meningkatkan pelayanan khususnya integrasi antarangkutan umum dari dan menuju bandara.

“Layanan skytrain yang akan akan dipangkas waktu tunggunya dari 13 menit saat ini menjadi 6 menit,” kata Wakan pada Diskusi Publik Reviu 1 Tahun Operasi KA Bandara di Jakarta, Rabu (9/1/2018).

Dengan begitu, lanjut dia, fasilitas KA Bandara dan Skytrain bisa melayani masyarakat khususnya yang akan pindah antarterminal atau berganti moda transportasi di kawasan Bandara Soetta.

Selain itu, jelas Wakan, Skytrain akan diintegrasi dengan lebih baik dengan KA Bandara bahkan dengan Bus JA Connexion yang melayani angkutan penumpang dari dan menuju Bandara Soetta.

Wakan mengakui, untuk meningkatkan layanan ke Bandara Soetta termasuk KA Bandara tak bisa dilakukan sendiri. Perlu kerja sama dan sinergi dengan berbagai pihak.

“Harus ada integrasi dan masing-masing meningkatkan layanan dan fasilitas pendukungnya,” papar Wakan.

Menurut alumni STPI Curug, kini makin banyak alternatif angkutan umum menuju Bandara Soetta. Orang bisa naik JA Connexion seperti DAMRI, PPD, Primajasa, Hiba Utama, Agra Mas, dan lainnya.

Sejak setahun terakhir, KA Bandara sudah beroperasi melayani publik. “Oleh karenanya, kita harus mengedepankan pelayanan yang lebih baik dan bisa bersaing secara proporsional dan profesional,” papar Wakan.

IMG-20190110-WA0002

Layanan Bandara Berbasis IT

Seperti diketahui, layanan di Bandara Soetta juga terus ditingkatkan kualitasnya. Untuk angkutan pemadu moda, kini semua dilakukan dengan layanan berbasis IT.

Calon penumpang tak harus lari-lari mengejar bus, karena sebelum datang sudah diumumkan. Bus JA Connexion mulai tahun 2019 sudah menerapkan pembayaran cashless atau nontunai.

Layanan KA Bandara juga baik. Meski harus diakui, masih banyak hal yang perlu ditingkatkan dalam layanan KA Bandara dan Skytrain di Bandara Soetta ini.(helmi)

loading...