Angkasa Pura 2

5 Bus DAMRI akan Layani Rute Klaten-Bandara Adisumarmo

KoridorJumat, 11 Januari 2019
IMG_20190111_115301

KLATEN (BeritaTrans.com) – Manajemen Perum DAMRI akan membuka rute baru Klaten – Bandara Adisumarmo, Boyolali. Demikian diungkapkan Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Klaten Sudiyarsono, usai menghadiri dialog pencegahan korupsi di Pendapa Kabupaten Klaten Rabu (9/1/2019).

Dia menjelaskan, rencana Perum DAMRI Perwakilan Solo akan segera membuka rute baru Klaten – Bandara Adisumarmo Boyolali tersebut, untuk melayani masyarakat Klaten yang akan bepergian menggunakan pesawat terbang melalui Bandara Adisumarmo.

“Dampak dari perpindahan Bandara Adisucipto Yogyakarta, nantinya volume penerbangan dan jurusan di Bandara disumarmo akan semakin banyak,” kata Sudiyarsono.

Menurut Sudiyarsono, jika nanti sudah terjadi perpindahan, maka masyarakat Klaten yang biasa bepergian menggunakan penerbangan dari Bandara Adisutjipto akan semakin jauh. Dimungkinkan mereka akan memilih memalui bandara Adisumarmo. Dengan demikian, DAMRI akan hadir di Klaten dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan sebutan Pemandu Muda DAMRI Adisumarmo.

Kendaraan untuk operasional termasuk surat ijin dari propinsi sudah ada. Untuk sementara, kendaraan Damri yang akan dioperasionalkan sebanyak lima unit, dengan jenis Elf berkapasitas 12 orang. Diharapkan akhir bulan ini akan dilakukan launching.

“Kemarin sudah dilakukan sosialisasi ke PO-PO. Kami jelaskan karakteristiknya beda. Kalau bus umum trayek Yogya- Solo kan bisa angkut penumpang di jalan. Damri angkut penumpang dari pangkalan tertentu dan yang sudah punya tiket pesawat.

“Yang diangkut khusus yang punya tiket pesawat, dua orang saja diangkut karena itu pelayanan. Kita hanya berikan rekomendasi dan fasilitasi sosialisasi,” jelasnya.

Ditambahkan, penumpang pesawat di Bandara Adisumarmo cukup tinggi. Berdasarkan hasil riset , sekitar sepuluh persen penerbangan di Bandara Adisumarmo berasal dari Klaten. Paling banyak berasal di Jatinom dan Polaharjo.

(ray/sumber: krjogja.com).

loading...