Angkasa Pura 2

Garda Menolak Rencana Aksi Turun Jalan Pengemudi Ojol Pasca FGD dan Temu Nasional Ojol

KoridorJumat, 11 Januari 2019
IMG-20190111-WA0030

IMG-20190111-WA0031

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Gabungan Aksi Roda Dua (Garda), komunitas ojek online (ojol) dengan tegas menolak aksi turun jalan pasca FGD di Univeritas Bakrie dan Temu Nasional Ojol dengan Dirjen Hubdat Budi Setiyadi kemarin.

“Jika nanti ada aksi turun jalan yang mengatasnamakan komunitas ojol, itu bukan anggota kami,” kata salah satu pimpinan Garda Yohannes Ben, saat membacakan pernyataan sikap Garda di Jakarta, Jumat (11/11/2019).

Menurutnya, Garda menjadi bagian Tim 10 dan ikut aktif dalam proses penyusunan Rancangan Peraturan Menhub (RPM) mengenai Angkutan Roda Dua yang akan menjadi dasar hukum ojol di Indonesia.

“Dengan lahirnya PM tentang Angkutan Roda Dua tedrsebut, akan menjadi payung hukum bagi operasional ojol di Indonesia termasuk anggota Garda,” kata Yohannes lagi.

Menurutnya, dia sendiri tak tahun dan tak habis fikir, mengapa masih ada komunita ojol yang akan tetap turun jalan dan bahkan menolak rencana penerbitan PM tersebut.

Pemerintah khususnya Kemenhub dibawah kepemimpinan Menhub Budi Karya Sumadi dan Dirjen Hubdat Budi Setiyadi sangat akomodatif dan proaktif. Dalam proses penyusunan RPM mengenai Angkutan Roda Dua juga melibatkan komunitas Ojol.

“Mereka semua diajak, dan diminta apispirasinya. Jadi, agak aneh jika masih ada resistensi pada RPM Angkutan Roda Dua ini,” papar Yohannes.

Jalin Komunikasi

Namun begitu, pihak Garda mengaku akan tetap persuasif dan menjalin komunikasi dengan komunitas ojol yang menolak adanya RPM tersebut.

“Kita tetap komunikasi dengan mereka, sekaligus mencari solusi yang terbaik. Kalau bisa jangan sampai turun jalan, karena aspirasi mereka bisa disampaikan dengan baik dan Perintah akomodatif,” kata Willy, pimpinan Garda lainnya.

Menurut dia, jika ada masalah itu wajar. Tapi kita sudah dewasa dan hendaknya diselesaikan dengan cara-cara yang baik dan demokratis. “Itu yang perlu dilakukan bersama ke depan,” tegas Willy.(helmi)

loading...