Angkasa Pura 2

Kemenhub: Ada Sanksi Bila Terbukti Tarif Tiket Penerbangan Didongkrak Naik

Bandara KokpitJumat, 11 Januari 2019
IMG-20190110-WA0102

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kementerian Perhubungan menegaskan bahwa ada sanksi yang akan diberikan bila terbukti tarif tiket penerbangan didongkrak naik melebihi Batas Atas yang telah ditentukan.

Hal itu disampaikan Direktur Angkutan Udara Ditjen Perhungan Udara Kemenhub Maria Kristie disela pertemuan dengan Indonesia National Air Carriers Association (INACA) di Jakarta, Jumat (11/1/2019).

Didampingi Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Hengki Angkasawan, pertemuan dengan INACA untuk mengkomunikasikan terkait tarif tiket penerbangan yang dikeluhkan beberapa pihak sangat mahal karena alami kenaikan yang tinggi belakangan ini.

“Melalui pertemuan ini, Kemenhub menegaskan bahwa tarif maskapai yang berlaku masih sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 14 Tahun 2016 tentang Mekanisme Formulasi Perhitungan dan Penetapan Tarif Batas Atas dan Tarif Batas Bawah Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri,” jelas Hengki.

Penetapan Tarif Batas Atas dan Bawah kata dia, sebenarnya sudah dilakukan sosialisasi kepada masyarakat. Di tiap bandara juga telah dibuatkan banner dan papan informasi serta termuat dalam website terkait.

“Kemenhub juga telah meminta kepada INACA untuk turut komunikasi-kan kebijakan tarif kepada masyarakat sehingga masyarakat benar-benar memahami bahwa tarif yang diberlakukan masih dalam batas ketentuan yang ditetapkan pemerintah,” tambahnya.

Pihaknya berupaya penuh untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam menggunakan pesawat dan mengutamakan terpenuhi keselamatan, keamanan serta kenyamanan penumpang.

Ketua INACA Ari Askhara Danadiputra menambahkan, selain sesuai dengan aturan Tarif Batas Atas dan Tarif Batas Bawah, maskapai penerbangan juga banyak memberikan berbagai harga tiket khusus bagi masyarakat.

“Seluruh maskapai telah menerapkan tarif penerbangan yang masih dalam koridor aturan Tarif Batas Atas dan Tarif Batas Bawah. Kebijakan tarif oleh maskapai selalu berpihak kepada masyarakat termasuk adanya pemberian harga khusus untuk veteran dan lansia,” tutur Ari. (omy)

loading...