Angkasa Pura 2

Selama Susun PM Angkutan Roda Dua, Dirjen Budi Imbau Semua Pihak Jaga Situasi Kondusif

Koridor OtomotifJumat, 11 Januari 2019
IMG-20190111-WA0006

IMG-20190111-WA0047

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Dirjen Perhubngan Darat (Hubdat) Budi Setiyadi mengimbau seluruh pengemudi ojek online di Indonesia menjaga suasana agar tetap kondusif selama proses penyusunan regulasi (PM Angkutan Umum Roda dua) ini berlangsung.

“Selama kami susun (regulasi), mohon untuk dibuat suasana kondusif dan harmonis sehingga tak ada gangguan yang buat tim penyusun bingung. Biarkanlah kami menyusun, dukungan teman-teman agar suasana baik,” kata Dirjen Budi didampingi Direktur Angkutan Jalan Ahmad Yani di Jakarta, Jumat (11/1/2018).

Dirjen Budi menjanjikan aturan tersebut rampung pada Maret 2019. Proses dan tahapan pembahasan RPM sudah disiapkan dan diharapkan semua berjalan lancar dan selesai tepat waktu.

Mantan pejabat tinggi Polri itu juga memastikan, aspirasi dari semua pihak tertampung oleh Pemerintah khususnya Ditjen Hubdat, Kemenhub.

“Pasti dilibatkan (aplikator). Saat menyusun RPM pasti dilibatkan. Organda pun dilibatkan. Maret 2019 Insya Allah jadi, bentuknya PM (Peraturan Menteri Perhubungan) ,” papar Dirjen Budi

Penyusunan regulasi ini berdasar ide dan gagasan Menhub. “Kemenhub optimis masalah ojol bisa diselesaikan yakni konflik ojek dan aplikator,” tutur Budi.

Koordinasi Antarlembaga

Dirjen Budi menambahkan, pihaknya berbagai pihak nantinya akan diskusi bersama, berkoordinasi, dan menormakan. Mulai dari Kementerian dan Lembaga, stakeholder, dan perwakilan pengemudi.

“Jangan sampai ada yang memanfaatkan dalam penyusunan PM ini. Semuanya sama-sama menggelontorkan pemikiran/ ide-ide yang cemerlang dan ojol selanjutnya dapat berjalan dengan baik,” sebut Dirjen Budi.

Ada empat fokus yang menjadi sasaran dalam pembuatan RPM diantaranya, keselamatan, pentarifan, suspend, dan kemitraan.

“Keselamatan dan keamanan adalah untuk melindungi pengemudi dan penumpang. Misalnya dengan mengenakan jaket dan sepatu,” tegas Dirjen Budi.(helmi)

loading...