Angkasa Pura 2

Survey Kepuasan Masyarakat, BPTD Jabar Jelajah Terminal Tipe A

KoridorJumat, 11 Januari 2019
IMG-20190111-WA0000

IMG-20190111-WA0001

BANDUNG (BeritaTrans.com) – Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) terkait kepuasan pelanggan menindaklanjuti Peraturan Menteri PAN dan RB Nomor 14 Tahun 2017 mengenai pedoman penyusunan survei kepuasaan pelanggan, Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah IX Provinsi Jawa Barat jelajah Terminal Tipe A di lingkungan kerjanya.

“Bersama tim, kami telah ke Terminal Tipe A Cikampek serta Terminal Tipe A lainnya, melaksanakan kegiatan survei kepada para calon penumpang,” ujar Kepala TU BPTD IX Jawa Barat Tika Rizky kepada BeritaTrans.com, Jumat (11/1/2019).

Pertanyaan dalam survey diantaranya terkait dengan sarana dan prasarana yang terdapat di Terminal.

Menurutnya, kegiatan ini dilakukan juga guna mengetahui kualitas pelayanan petugas dan penyelenggaraan operasional Terminal pada umumnya terhadap pengguna jasa transportasi di Terminal Tipe A di Jawa Barat.

Selain segmentasi responden (calon penumpang) yang beragam dari berbagai kalangan, poin-poin jawaban yang disampaikan pun cukup bervariatif.

“Mulai dari seputar teknis terminal, sistem informasi, pelayanan petugas, fasilitas-fasilitas terminal seperti ruang tunggu, tempat ibadah, dan toilet, hingga ke praktik percaloan,” bebernya.

SKM disebutkan Tika, diharapkan dapat mendeteksi kelemahan dan kekuatan fungsi Terminal serta mampu mengukur tingkat kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan.

“Selanjutnya dapat menjadi bahan penetapan kebijakan dalam perbaikan kinerja, dan Terminal Tipe A pada khususnya siap melakukan berbagai inovasi dan perbaikan, dan tentunya peningkatan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik,” urai dia.

Survei tersebut ditambahkannya, juga merupakan salah satu bentuk partisipasi aktif masyarakat dalam mendukung penyelenggaraan pelayanan publik ke arah yang lebih baik lagi. (omy)

loading...