Angkasa Pura 2

Jadi Narsum Dialog Nasional, Begini Cara Mendikbud Muhadjir Effendy Bangkitkan Nasionalisme Kaum Millenial

SDMSabtu, 12 Januari 2019
IMG-20190112-WA0037

IMG-20190112-WA0038

BEKASI (BeritaTrans.com) – Dialog Nasional ke-38 di Plaza Matropolitan Bekasi, Sabtu (13/1/2019) berlangsung meriah. Para peserta rela antre bahkan menuggu acara dari jam 07.00 pagi.

Ratusan taruna STTD Bekasi, mahasiswa dan pelajar di Bekasi tampak sangat antusiasi mengikuti paparan para nara sumber, yang pertama dari Mendikbud Prof. Muhadjir Effendy.

Dengan memadukan metode caramah dan tanya jawab, Prof Muhadjir langsung menginspirasi dan menggugah semangat kebangsaan para audiens anak muda yang juga kaum millenial itu.

Mengawali paparannya, Mendikbud kapan Deklarasi Djuanda ditecuskan oleh PM Indonesia saat itu ? Beberapa peserta tunjuk jari dan menjawab dengan benar, yaitu tahun 1957.

Kemudian disusul pertanyaan berikutnya, kapan Deklarasi Djuanda diratifikasi menjadi hukum international dan diakui PBB, yaitu tahun 1982.

Bukan hanya itu, Mendikbud Muhadjir pun menanyakan, siapa tokoh Indonesia dibalik kesuksesan proses ratifikasi Deklarasi Djuanda di pentas PBB.

“Jawabnya adalah pakar hukum laut international, yaitu Prof.Dr Muchtar Kusumaatmadja dan Prof. Dr. Hasyim Djalal,” sebut Prof. Muhadjir.

Tingkatkan Akses Pendidikan

Menurut Mendikbud, Pemerintah melalui Kemendikbud RI terus meningkatkan akses dan kualitas pendidikan dan latihan (diklat) di seluruh Indonesia.

“Seluruh rakyat Indonesia berhak dan bisa menikmati pendidikan setinggi mungkin,” papar Prof Muhadjir.

“Kepada anak-anak muda sekarang, harus kembali diingatkan. Sebelum menjadi negara kesatuan, pernah menjadi negara RIS, Deklarasi Djuanda sampainya menjadi NKRI seperti sekarang,” terang Mendik ud.

Anak muda generasi millenial juga harus tahu dan paham sejarah bangsanya. Selain itu juga mempunyai jiwa dan semangat patriotisme yang tinggi.

“Itulah salah arti penting dialog nasional yang dihelat Kemenhub pagi ini,” tegas Mendikbud.(helmi)

 

loading...