Angkasa Pura 2

Staf Khusus Menhub: 2019, Pemerintah akan Fokus Pada Pembangunan SDM

Koridor SDMSabtu, 12 Januari 2019
IMG-20190112-WA0048

IMG-20190112-WA0049

BEKASI (BeritaTrans.com) – Staf Khusus Menhub Prof. Dr. Wihana Kirana Jaya mengingatkan, Pemerintah akan merubah strategi pembangunan, yang sebelumnya fokus pada pembangunan infrastruktur ke pembangunan sumber daya manusia (SDM).

“Mulai tahun 2019 ini, Pemerintah akan fokus membangun SDM. Saat pembangunan infrastruktur transportasi selesai, maka SDM yang akan mengoperasikan sudah siap dan sesuai dengan kebutuhan dan dinamika iptek yang ada,” kata Prof Wihana usai Dialog Nasional ke-38 di Plama Metropolitan Bekasi, Sabtu (12/1/2019).

Menurutnya, sejalan dengan selesainya pembangunan infrastruktur transportasi seperti LRT, MRT, KA double-double track (DDT), pelabuhan, bandara, terminal dan lainnya maka harus ada SDM profesional yang mengoperasikan.

“Oleh karena itu, sekarang saatnya membangun dan mempersiapkan SDM unggul sesuai kebutuhan dan tuntutan zaman tersebut,” jelas Prof Wihana.

Sekolah-sekolah transportasi BPSDMP, menurut Guru Besar UGM itu, harus segera mengantisipasi diri, meningkatkan kapasitas dan kualitas diklat yang diberikan.

“Saat lulus nanti, mereka benar-benar siap kerja dan langsung bisa mengoperasikan infrastruktur transportasi yang dibangun Pemerintah,” papar Prof Wihana.

Tingkat Daya Saing

Prof Wihana menambahkan, SDM transportasi Indonesia khususnya alumni sekolah transportasi BPSDMP harus benar-benar mumpuni.

“Mereka adalah sosok yang mengusai ketrampilan teknis di bidang transportasi, pekerja ulet dan tangguh. Selain itu juga pantang menyerah,” terang Prof Wihana.

Selain itu, SDM tranportasi Indoensia jangan hanya jago kandang, Mereka juga harus siap dan mampu bersaingan di tingkat global.

“Untuk itu, selain menguasai ketrampilan teknis bidang transportasi, juga harus mempunyai sikap mental yang baik. Dan tentunya didukung dengan kemampuan Bahasa Asing, khususnya Bahasa Inggris yang bagus,” tandas Prof. Wihana.(helmi)

loading...