Angkasa Pura 2

Ingat, Kecepatan Kendaraan di Area Zoss 30 Km/ Jam

Aksi Polisi Koridor SDMMinggu, 13 Januari 2019
FB_IMG_1547302130326

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Setiap jalan raya yang berada di depan sekolah terdapat Zona Selamat Sekolah (Zoss). Zoss biasanya diberi tanda dengan warga khusus atau berbeda dengan jalan pada umumnya.

“Zoss adalah suatu kawasan di sekitar sekolah yang perlu dikendalikan lalu lintas kendaraan menyangkut kecepatan, parkir, menyalip, pejalan kaki yang menyeberang jalan,” sebut akun @kemenhub151 di Jakarta.

Pada dasarnya anak-anak sekolah khususnya yang baru duduk di Sekolah Dasar (SD) masih sangat rentan dalam berlalu lintas khususnya pada saat menyeberang jalan di depan sekolah.

Saat melintasi Zoss, Kemenhub mengingatkan pengendara untuk memperlambat kecepatan dengan kecepatan maksimum 30 km per jam.

Langkah ini dilakukan lebih untuk tujuan keselamatan khususnya anak-anak usia sekolah yang membutuhkan perhatian khusus dalam menggunakan jalan.

Batasan kecepatan berkendara 30 km per jam saat berada di zona sekolah sudah diatur dalam Peraturan Dirjen Perhubungan Darat Nomor: SK. 3582/AJ. 403/DRJD/2018.

Lebih baik mencegah dan berhati- hati daripada terlanjur celaka. Ingat nyawa manusia tak ada gantinya dan sesuai UU harus diprioritaskan dibandingkan lainnya.(helmi)

 

loading...