Angkasa Pura 2

INFA Usulkan Pemerintah melalui ASDP Terus Sempurnakan Sistem e-Ticketing

Dermaga KoridorSenin, 14 Januari 2019
IMG-20190114-WA0050

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Ketua Umum (Ketum) DPP INFA Indonesia National Ferryowners Association Edi Oetomo mengatakan, satu hal yang perlu disempurnakan di sektor penyeberangan adalah penyempurnakan sistem e-ticketing di berbagai lintasan penyeberangan di Tanah Air.

“Sistem e-ticketing ini sudah dimulai di lintasan penyeberangan Merak-Bakauheni. Tapi harus diakui, belum semua orang dan pelabuhan bisa menggunakan sistem transaksi nontunai tersebut,” kata Edi Oetomo menjawab BeritaTrans.com di Jakarta, Senin (14/1/2019).

Dikatakan, langkah modernisasi e-ticketing itu baik dan perlu ditingkatkan. Penerapan sistem e-ticketing perlu dilakukan secara bertahap. “Kalau di Merak-Bakauheni saja belum bisa full e-ticketing, apalagi di daerah lainnya,” kata Edi lagi.

Oleh karena itu, lanjut dia, INFA meminta para pihak khususnya manajemen PT ASDP Indonesia Ferry menerapkan sistem e-ticketing secara bertahap, agar tidak menimbulkan masalah di lapangan.

Jika belum bisa full e-ticketing, sebagainya diberlakukan dual sistem dulu. “Bagi warga yang belum memiliki kartu atau uang elektronik, membayar secara tunai diterima dulu. Prinsipnya, jangan sampai merugikan dan menyulitkan masyarakat,” papar Edi.

Secara bertahap, terang dia, sistem dan pelayanan e-ticketing ditambah dan disempurnakan. Harus diakui, memeng tak ada sistem yang sekal jadi.

“Demikian juga dalam e-ticketing kapal ASDP. Tapi modernisasi sistem e-ticketing itu tidak mudah dan butuh proses yang serius dan berkelanjutan,” aku Edi.

Jadi, untuk sementara pakai dua sistem dulu. “Namun terus disempurnakan penerapannya di lapangan. Kalau sudah siap baru diberlakukan secara optimal,” tandas Edi.(helmi)

loading...