Angkasa Pura 2

Balitbanghub Sosialisasi Peraturan Baru Menpar-RB

LitbangRabu, 16 Januari 2019
FB_IMG_1548316339664

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan bersama LIPI melakukan sosialisasi Peraturan Menpan-RB tentang Jabatan Fungsional Peneliti dan Peraturan LIPI tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Peneliti di lingkungan Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan di Jakarta, Rabu (16/1/2019).

Sosialisasi yang dibuka Sekretaris Badan Litbang Rosita Sinaga ini membahas emoat poin yang terdapat dalam peraturan terbaru.

“Pertama yakni Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil,” ujar Rosita.

Perubahan mendasar itu diantaranya tidak boleh rangkap Jabatan antara Jabatan Struktural dan Jabatan Fungsional Peneliti. Dengan adanya perubahan ini maka jumlah Peneliti Badan Litbang Perhubungan yang semula 90 orang Peneliti menjadi 68 orang Peneliti, karena 22 orang Peneliti memilih Jabatan Struktural.

Selanjutnya Batas Usia Pensiun (BUP) Peneliti Madya yang semula 65 Tahun menjadi 60 Tahun.

Kedua, Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2018 tentang Jabatan Fungsional Peneliti.

“Ketiga yakni Peraturan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Peneliti.

Terakhir adalah dari peraturan di atas ada perubahan yang mendasar, yaitu penilaian kinerja jabatan fungsional peneliti berdasarkan target kinerja tahunan yang tertuang dalam Sasaran Kerja Pegawai (SKP).

Pencapaian Angka Kredit Kumulatif kata dia, digunakan sebagai salah satu syarat kenaikan pangkat dan/atau jabatan dihitung berdasarkan berdasarkan capaian AK setiap tahun dan perolehan Hasil Kerja Minimal.

Selanjutnya, periode pemenuhan Hasil Kerja Minimal sebagai syarat maintenance dalam jabatan adalah empat tahun.

“Pada perubahan itu juga terjadi peningkatan kualifikasi Peneliti dari Pendidikan S1 menjadi S2,” pungkas Rosita. (omy)

loading...