Angkasa Pura 2

Mengatasi Kemacetan Lalin di Jakarta Mudah, Ini Konsep yang Ditawarkan Tigor Nainggolan

KoridorKamis, 17 Januari 2019
20190109_190349

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Memecahkan masalah kemacetan Jakarta tidak sulit, masalahnya sudah jelas dan jalan keluarnya juga sudah jelas. Sementara, kemacetan lalu lintas di Kota Jakarta dan sekitarnya makin parah dan perlu tindakan ekstra keras.

“Jakarta macet karena masyarakat lebih menggunakan kendaraan pribadi karena layanan transportasi umum massalnya masuk belum baik karena pemerintah provinsinya (DKI Jakarta) belum bekerja baik juga,” kata Azas Tigor Nainggolan,
Analis Kebijakan Transportasi dan Ketua Forum Warga Kota Jakarta (Fakta) di Jakarta, kemarin.

Untuk memecahkan kemacetan Jakarta mudah saja. “Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerjalah dengan baik yakni membangun integrasi  layanan transportasi umum massal yang baik,” jelas Tigor.

Selanjutnya, papar dia, kendalikan penggunaan kendaraan pribadi di Jakarta dengan meningkatkan biaya serta kesulitan masyarakat untuk menggunakan kendaraan pribadinya.

“Jadi untuk memecahkan masalah kemacetan Jakarta mudah memang. Implementasikan ide atau permintaan Presiden Jokowi transportasi umum massal secara baik dengan kerja baik  Pemprov Jakarta,” terang Tigor.

Integrasikan dengan MRT dan LRT

Namun begitu, menurut Tigor, Pemprov DKI Jakarta tak cukup berhenti disitu. Pemda harus segera mengintegrasikan berbagai moda transportasi massal di Ibukota Jakarta.

“Segera Pemprov Jakarta membuka peluang Transjakarta dan moda transportasi lain di Jakarta diintegrasikan dengan MRT dan LRT, layanan moda transportasi umum massal yang dikelola oleh pemerintah nasional,” urai Tigor.

Jadi, tambah Tigor, Pemprov Jakarta tidak hanya bikin JakLingko  untuk Transjakarta dan angkot semata. Tapi, masih terlepas dari layanan MRT serta LRT nantinya.(helmi)

loading...