Angkasa Pura 2

Presiden Tinjau Lokasi Reaktivasi Jalur Kereta Jalur KA Garut

EmplasemenJumat, 18 Januari 2019
Presiden Meresmikan Reaktivasi Jalur Kereta di Garut

GARUT (BeritaTrans.com) – Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri BUMN Rini Soemarno meninjau lokasi reaktivasi jalur kereta api (KA) Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Dalam keterangan resmi Humas Kementerian BUMN disebutkan, jalur KA yang melintasi Stasiun (St) Cibatu-St Garut-St Cikanjang (47.5 km) yang selama ini tidak berfungsi, akan diaktifkan kembali (reaktivasi).

PT Kereta Api Indonesia mencatat, jalur Cibatu- St Cikanjang ditutup pada tahun 1982, sementara jalur St Cibatu- St Garut ditutup pada tahun 1983. Selama tidak beroperasi, kedua jalur ini dimanfaatkan warga sebagai jalan setempat hingga pendirian bangunan.

Dengan adanya reaktivasi, akan mengurangi tingkat kemacetan kota, memberikan solusi bagi tarnsportasi yang efisien dan terjangkau serta menjadi triger pengembangan area di sekitar stasiun dan jalur kereta.

Selain itu, reaktivasi juga akan mempermudah akses wisatawan ke Kabupaten Garut, memudahkan angkutan penumpang, barang dan distribusi komoditas unggulan masyarakat setempat serta mendorong perkembangan industri lokal. (omy)

loading...