Angkasa Pura 2

Dirjen Perkeretaapian Tinjau Pembangunan Stasiun Manggarai

EmplasemenSabtu, 19 Januari 2019
2019-01-29 03.24.47

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Direktur Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri meninjau pembangunan Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Sabtu (19/1/2019).

Zulfikri juga meninjau lima stasiun yg merupakan bagian dari pembangunan jalur double double track lintas Manggarai-Cikarang.

2019-01-29 03.24.57

Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana untuk mengembangkan Stasiun Manggarai menjadi stasiun sentral.

Dia menyatakan, dengan rencana tersebut maka nantinya Stasiun Manggarai akan menjadi titik utama KRL, kereta jarak jauh, dan kereta bandara.

“Pembangunan Stasiun Manggarai akan dibangun menjadi dua tingkat untuk memisahkan jalur kereta api, yaitu antara kereta api jarak jauh, kereta api commuter Jabodetabek, dan kereta api commuter bandara,” jelas Zulfikri.

Selain itu, dia mengemukakan pemerintah juga berencana membangun Stasiun Manggarai sebanyak 3 lantai. Untuk lantai pertama terdiri dari jalur KA Bekasi line 4 jalur, KA Bandara 4 jalur, dan peron 12 stamformasi.

rebitalisasi-stasiun-manggarai

Lantai kedua terdiri dari layanan penumpang dengan luas kurang lebih 9.108 meter persegi dan kapasitas 17.800 orang yang dilengkapi lift dan eskalator.

“Sementara lantai 3 terdiri dari jalur KA main line 6 jalur dan Bogor line 4 jalur, serta peron 12 stamformasi. Dengan demikiam stasiun ini akan menjadi perhentian terakhir untuk perjalanan kereta api jarak jauh,” jelas Zulfikri.