Angkasa Pura 2

Kemenhub Pantau Penurunan Tarif Penerbangan di Bandara Soetta, Begini Hasilnya

Bandara KokpitSabtu, 19 Januari 2019
IMG_20190119_154551

IMG_20190119_132930

TANGERANG (BeritaTrans.com) – Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Udara melakukan pengawaaan dengan memantau tarif tiket penerbangan di Bandara Soekarno Hatta.

Ratusan kuisioner disebar di terminal 1 dan 2 penerbangan domestik untuk mengetahui respon penumpang terhadap harga tiket yang dibayarnya.

Suharsono warga Jakarta yang baru tiba dari penerbangan asal Yogyakarta dengan maskapai Batik Air menilai harga tiket sudah kembali normal.

“Saya kira sudah normal dari pekan lalu ya,” kata Suharsono.

Namun dia juga tidak terlalu keberatan bila tiket naik apalagi pada saat peak season yang memang dari tahun-tahun sebelumnya juga terjadi kenaikan.

“Karena saya dekat (ke Yogya, red), ambil gampangnya saja, bila harga tiket pesawat naik, maka saya pilih naik kereta api atau bus yang sebenarnya juga alami kenaikan saat liburan,” ungkapnya.

Risa penumpang Lion Air Palembang-Jakarta mengakui telah ada penurunan tarif penerbangan yang ditumpanginya.

“Sudah ada penurunan namun belum sama seperti sebelum ada kenaikan pas peak season kemarin,” ujar Risa.

Imbauan Pemerintah baginya sangat memberikan dampak positif pada penurunan harga tiket pesawat. Namun dia juga berharap agar harganya terus diturunkan menjadi normal kembali.

Hal senada disampaikan Febri asal Tangerang. Dia menyampaikan saat terbang ke Yogyakarta harga tiket mencapai Rp900ribu dengan AirAsia, namun hari ini dia naik hanya membayar Rp360ribu dengan Lion Air.

Penumpang lainnya yang berhasil ditemui Intan menyampaikan bahwa telah dirasakan penurunan tarif pesawat rute Lampung-Jakarta dan sebaliknya.

“Iya sudah turun, saya naik Lion Air dari Lampung ke Jakarta,” tutur dia sumringah.

Dari puluhan penumpang yang disurvei, kebanyakan menyatakan bahwa telah terjadi penurunan tarif penerbangan.

“Namun ada yang belum siginifikan, diharapkan dapat terus turun,” ujar Puteri penumpang rute Yogya-Jakarta-Tanjung Pinang. (omy)