Angkasa Pura 2

Berbahaya, Mengemudi Sambil Menggunakan HP di Jalan Raya

Koridor OtomotifSelasa, 22 Januari 2019
IMG-20190122-WA0001

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Menggunakan handpone (HP) tidak boleh sambil mengendaraai kendaraan bermotor. Hal ini bisa membayakan keselamatan diri dan orang di sekitarnya. Oleh karenaya, harus dihindari, terlebih saat mengemudikan kendaraan di jalan raya.

Menggunakan HP (saat mengemudi ) sudah diatur dalam UU No. 22 Tahun 2009 tentang LLAJ, pasal 106 ayat 1, yaitu: “Pengemudi wajib mengendarai kendaraan dengan penuh konsentrasi”.

Menggunakan handphone maupun berbicara dengan handfree adalah aktifitas yang menganggu kosentrasi berkendara dan itu sangat berbahaya.”

Kepada warga masyarakat, terutama saat mengemudikan kendaraan bermotor agar menghentikan kebiasaan menggunakan handphone saat berkendara, walaupun hanya melihat notifikasi dari orang yang dirindukan.

HP sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat untuk berkomunikasi. Namun bukan berarti bisa menggunakan HP sembarangan.

“Fakta saat ini, masih banyak orang yang menggunakan ponsel di waktu yang tidak tepat, seperti mengendarai mobil,” sebut akun @kemenhub151 dan @ditjen hubdat151.

Dikatakan, mendapatkan informasi di handphone saat berkendara tidak sebanding dengan bahaya yang mengancam keselamatan.

Meski menggunakan HP dengan perangkat hands-free, tetap saja berpotensi menyebabkan kecelakaan. Oleh karenanya, harus dihentikan sejak sekarang.

“Ketika berbicara (termasuk dengan HP), maka otak akan dipaksa untuk berpikir hal yang sedang dibicarakan. Sedangkan di saat mengemudi sambil menerima atau melakukan panggilan elalui HP, konsentrasi pecah dan kurang waspada. Ini bisa berbahaya.”(helmi)

loading...