Angkasa Pura 2

Di Depan Wisudawan UGM, Menhub Ajak Mahasiswa Terus Lakukan Inovasi

SDMSelasa, 22 Januari 2019
IMG-20190122-WA0003

YOGYAKARTA (BeritaTrans.com) –Jangan pernah berhenti melakukan suatu inovasi. seperti diketahui, inovasi adalah sebuah keniscayaan untuk mencapai suatu kesuksesan atau dalam kata lain inovasi merupakan sebuah kunci keberhasilan.

Demikian disampaikan Menhub Budi Karya Sumadi saat memberikan Pembekalan Calon Wisudawan Program Pascasarjana, di Graha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada, Selasa (22/1/2019) siang.

Menhub memaparkan beberapa inovasi yang telah dilakukan Kementerian Perhubungan untuk menjadi contoh, antara lain pembangunan Indonesia Sentris. Yaitu, pembangunan yang berpusat di Jawa sentris pindah ke Indonesia sentris.

Pembangunan wilayah Indonesia barat pindah ke tengah dan timur, Pembangunan berbasis pusat pertumbuhan pindah ke daerah 3T (terpinggir, terluar, tertinggal), Pembangunan tidak mengoptimalkan sektor kelautan pindah mengoptimalkan sektor kelautan.

Pembangunan berbasis eksklusifisme menjadi inklusivisme, Perubahan dari subsidi ke alokasi infrastruktur, dan Perubahan dari pembangunan dengan anggaran (APBN) menjadi non anggaran (PINA dan KPBU).

“Inovasi ini membawa perubahan, masyarakat mendapatkan dampak positif yang sangat besar. Ini merupakan salah satu capaian dan keberhasilan Kementerian Perhubungan,” jelas Menhub lagi.

Kemudian pesan Menhub kepada para Wisudawan dan Universitas agar dapat menjadi roda penggerak inovasi dan pengembangan teknologi. Kemudian mereka diharapkan mampu menjadi motor penggerak perubahan.

“Bagi saya UGM merupakan suatu patern tentang integritas dan daya juang. Saya minta saat berada di kalangan masyarakat anda harus punya arti, kontributor dari ide-ide, kontributor serta sebagai motor penggerak perubahan ke arah yang lebih baik,” tandas Menhub.(helmi)