Angkasa Pura 2

Balitbanghub-Universitas Monash Tingkatkan Kerja Sama

LitbangSenin, 4 Februari 2019
IMG-20190204-WA0069

IMG-20190204-WA0049

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) bersama Universitas Monash meningkatkan kerja sama dan bahas kolaborasi potensial.

“Kami sampaikan penghargaan yang tulus kepada Universitas Monash untuk memperkuat kerja sama kami dalam penelitian dan pengembangan transportasi. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih terutama kepada direktur dan manajer, Prof. Abid Khan, Dr Eugene Sebastian, Ms Joanna Donagan dan Ms Erica Tippett atas dorongan yang diberikan untuk pertemuan ini,” jelas Kepala Balitbanghub Sugihardjo di Jakarta, Senin (4/2/2019).

Berdasarkan Nota Kesepahaman April 2018, untuk mencapai tujuan kerja sama antara Kementerian Perhubungan dan Universitas Monash, ada banyak bentuk kemungkinan untuk mengembangkan kolaborasi.

Diantaranya adalah Dialog tentang kebijakan, Solusi digital dalam transportasi, Pendidikan dan Pelatihan, Penelitian terapan, dan Konsultasi.

“Mempertimbangkan ruang lingkup MoU, dan juga revitalisasi Balitbang yang menghadapi berbagai tantangan akibat revolusi industri keempat, terutama di sektor transportasi, kami mengharapkan kerja sama yang lebih erat dengan Universitas Monash dalam bentuk penelitian bersama, para ahli berbagi, pelatihan dan bentuk kerja sama lainnya,” paparnya.

IMG-20190204-WA0060

Kerja sama ini ditambahkan dia, perlu diimplementasikan melalui beberapa kegiatan dan diskusi khusus, sehingga dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pengembangan baik Kemenhub dan Universitas Monash.

Dalam Perencanaan Jangka Menengah untuk 2020-2024, ada enam poin utama Penelitian dan Pengembangan.

“Diantaranya Konektivitas Transportasi, Keselamatan, Layanan Transportasi, Integrasi Transportasi, Database Transportasi, Pengembangan Teknologi Transportasi termasuk Teknologi Informasi, dan Transportasi Hijau (ramah lingkungan),” kata Sugihardjo. (omy)

loading...