Angkasa Pura 2

Kemenhub Terus Sosialisasi Keselamatan, Ini Tiga Hal Utama Pesan Budi Karya

KoridorSenin, 4 Februari 2019
WhatsApp Image 2019-02-03 at 3.40.43 PM

CILEGON (BeritaTrans.com) – Kementerian Perhubungan akan selalu melakukan sosialisasi, jadi keselamatan itu ada tiga hal sederhana. Pertama pakai helm (bagi pengendara sepeda motor) , kedua mengatur kecepatan, dan ketiga adalah tidak menggunakan gadget.

“Itu suatu campaign yang secara sederhana selalu kita sampaikan pada masyarakat,” kata Menhub Budi Karya sumadi dalam acara senam bersama di Cilegon Banten, Minggu (3/2/2019).

Dalam Undang-Undang No.22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Pasal 106 ayat 1 menyatakan bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi.

Oleh karenanya, Menhub Budi Karya Sumadi mengimbau agar para pengendara selalu mengutamakan aspek keselamatan dalam berkendara, salah satunya adalah dengan tidak bermain ponsel dan lain sebagainya saat berkendara baik oleh pengemudi angkutan online maupun pengemudi kendaraan pribadi.

Menhub juga menuturkan bahwa yang diputuskan oleh Mahkamah Konstitusi (MK) terkait penggunaan Global Positioning System (GPS) di ponsel saat berkendara merupakan landasan hukum yang sah.

Menggunakan hanphone atau gadget saat berkendaraan dilarang karena berbaya. Baik bagi dir sendiri atau pengguna jalan yang lain. Jika tetap memaksakan menggunakan gadget, maka aparat penegak huum/ POlri bisa mengambil tindakan sesuai hukum yang berlaku.(helmi)

loading...