Angkasa Pura 2

Pentingnya Memelihara Landasan Pacu Bandara untuk Keselamatan Penerbangan

Bandara KokpitJumat, 8 Februari 2019
c777e62208be1af468aae08ab5518525_1

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Pentingnya memelihata landasan pacu bandara harus senantiasa diterapkan operator untuk keselamatan penerbangan.

Saatnya masyarakat pengguna jasa penerbangan ikut memahami juga dan tak sekadar hanya naik dan turun pesawat di bandara saja.

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B. Pramesti mengingatkan pengelola bandara untuk selalu memelihara fasilitas sisi udaranya dengan baik.

“Semakin meningkatnya jumlah penerbangan di suatu bandara, tidak menutup kemungkinan terjadi kerusakan atau pengelupasan landasan,” tutur Polana di Jakarta, Jumat (8/2/2019).

Untuk itu pengawasan juga dibutuhkan dan pelapisan landasan perlu dilakukan secara periodik guna menghindari kerusakan fatal.

Pernyataan Polana tersebut sekaligus menanggapi terjadinya kerusakan permukaan landasan pacu di Bandara Juanda Surabaya, kemarin (7/2/2019).

“Dari laporan yang kami terima, Bandara Juanda mengalami pengelupasan dipermukaan dan telah dilakukan perbaikan sesuai dengan ketentuan dan standar yang berlaku,“ tutur dia.

Polana mengapresiasi kinerja PT Angkasa Pura I selaku pengelola Bandara Juanda yang dengan sigap melakukan perbaikan tersebut sehingga dapat dioperasikan kembali dalam waktu relatif singkat tanpa mengesampingkan aspek keselamatan penerbangan. (omy)

loading...