Angkasa Pura 2

Iptek Bidang Transportasi Bisa Kurangi Risiko dan Vitalitas Korban Kecelakaan

Koridor OtomotifSenin, 11 Februari 2019
IMG_20190211_211506

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Perkembangan dunia teknologi khususnya bidang transportasi saat ini, selain mengembangkan upaya pencegahan kecelakaan lalu lintas juga mengembangkan program zero fatality.

“Jika kecelakaan itu tidak dapat terhindarkan, maka teknologi sarana maupun prasarana akan dapat menyelamatkan atau mengurangi fatalitas korban kecelakaan,” kata investigator senior KNKT Achmad Wildan kepada BeritaTrans.com di Jakarta, Senin (11/2/2019).

Pada prasarana jalan konsep tersebut disebut dengan “Forgiving Road” atau jalan yang memaafkan sementara pada dunia otomotif disebut dengan program “Vision Zero”, kata Wildan.

Pada konsep forgiving road diantaranya adalah penggunaan teknologi guardrail, papar dia, wire rope sampai yang terkini adalah safety roller untuk menyelamatkan pengemudi yang lengah dan keluar dari jalur lalu lintas.

“Sementara untuk konsep vision zero diantaranya adalah sabuk keselamatan, penguatan super structure kendaraan, air bag, Pre Collision System (PCS), Lane Departure Allert (LDA) dll,” tandas Wildan.(helmi)

loading...