Angkasa Pura 2

Stasiun KA Cisauk Tangerang Makin Cantik dan Akan Dibangun TOD

Emplasemen KoridorSenin, 11 Februari 2019
images(2)

images

TANGERANG (BeritaTrans.com) – Pemerintah melalui BPTJ Kemenhub bersama BUMN dan swasta membangun transit oriented development (TOD) yang merupakan sistem pembangunan kawasan pemukiman yang diintegrasikan dengan simpul-simpul transportasi umum baik BRT, KRL, MRT, LRT dan lainnya.

Yaitu membangun pemukiman atau tempat tinggal seperti apartemen dan lainnya berdekatan dengan penggunaan angkutan massal seperti Bus Rapit Trasnit (BRT), Mass Rapid Transit (MRT), Light Rail Transit (LRT).

Di kawasan Stasiun KA Cisauk, Tangerang juga akan dihangun TOD yang diintegrasikan dengan moda transportasi KA Jabodetabek. Stasiun KA Cisauk kini memiliki desain yang modern dan telah dapat digunakan.

Di Stasiun Cisuak sendiri terdapat fasilitas seperti lift, eskalator, toilet, mushalla dan jalur difabel untuk kenyamanan pengunjung. Stasiun KA ini juga terhubung ke Terminal Intermoda BSD dan Pasar Modern BSD melalui skybridge.

Selain itu akan dibangun TOD berupa apartemen/ rusun tepat disamping stasiun.

Dengan selesai di modernisasinya Stasiun Cisauk, menambah daftar stasiun modern di Green Line (Tanah Abang- Rangkasbitung) seperti Stasiun KA Palmerah, Kebayoran, Parungpanjang, dan Maja di Tangerang Banten.

10 Titik TOD

Pada tahun 2018, pemerintah telah membangun sebanyak 10 titik TOD. Proyek TOD yang Pemerintah itu antara lain di Poris Plawad, Tangerang, Pondok Cabe Tangsel dan Baranangsiang, Bogor.

Jika semua pembangunan dan kebijakan ini dilakukan dan ditaati dengan baik, maka kemacetan Jakarta dipastikan akan berkurang karena masyarakat sudah beralih menggunakan transportasi publik.

Pola pikir dan kebiasaan masyarakat pun akan berubah, menjadi masyarakat modern yang lebih senang menggunakan transportasi publik daripada menggunakan kendaraan pribadi.

Pemerintah membangun sejumlah transportasi massal seperti Mass Rapid Transit (MRT), Light Rapid Transit (LRT), Transjakarta, Kereta Bandara dan Commuterline.

Denhan berbagai moda transpirtasi massal tersebut, diharapkan nantinya dapat mendorong lebih banyak masyarakat yang beralih dari transportasi pribadi menggunakan transportasi publik.(helmi)

loading...