Angkasa Pura 2

Order Kapal Niaga Lesu, PAL Fokus Bangun Armada Tempur

DermagaSelasa, 12 Februari 2019
images (3)

JAKARTA (BeritaTrana.com) – Order pembuatan kapal niaga mengalami kelesuan. Fakta itu mendorong perusahaan galangan kapal, PT PAL Indonesia fokus pada sektor galangan pembangunan kapal perang.

“Galangan niaga saat ini memang lesu karena perusahaan-perusahaan niaga itu lebih cenderung akan membeli kapal bekas ketimbang membangun kapal baru, ujar Rariya Budi Harta kepada Kontan.co.id, Senin (11/1/2019).

Karena itu, dia menuturkan tahun ini akan lebih fokus pada galangan kapal perang. “Asal tahu saja, tahun ini kami telah mendapat kontrak baru dari Kementerian Pertahanan (Kemenhan) yang memesan empat unit kapal perang tipe kapal cepat rudal 60 meter (KCR 60 m),” ujarnya.

Adapun 4 unit ini terdiri dari dua unit KCR 60 dengan paket platform plus sewaco dan dua unit KCR 60 dengan paket sewaco. “Kapal-kapal ini nantinya akan digunakan oleh TNI Angkatan Laut,” ujarnya.

Tidak hanya segmen galangan pembangunan, PT PAL juga akan mengembangkan usaha di segmen galangan perbaikan. “Untuk perbaikan kami tengah mengembangkan usaha perbaikan kapal bawah air atau kapal selam,” ujarnya.

Adapun segmen perbaikan kapal PT Pal selama ini disokong oleh kapal perang milik TNI Angkatan laut dan kapal niaga milik ASDP dan Pelni.

(jasmine).

loading...