Angkasa Pura 2

Tim Itjen Kemenhub Terjun Investigasi di ATKP Makassar

itjen SDMJumat, 15 Februari 2019
2019-02-15 11.47.08

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Tim Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) diterjunkan untuk menginvestigasi perkara wafatnya Aldama Putra Pongkala (19), taruna angkatan pertama Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Makassar.

Tim itu, Irjen Wahju Satrio Utomo mengemukakan dipimpin Inspektur Investigasi Firdaus Kumarno dan telah bekerja selama beberapa hari di ATKP Makassar.

“Tim ini sifatnya hanya menyusuri tentang berbagai aspek administratif, seperti apakah persoalan SOP dilaksanakan dengan baik atau tidak. Termasuk di sini adalah SOP bila ada kematian dari taruna,” tutur Irjen.

Dia mengemukakan ditelusuri juga tentang implementasi piket dari instruktur dan taruna. “Dari penelusuran itu maka dapat diketahui sejauh mana penyebab peristiwa itu dapat terjadi, lalu dapat direkomendasikan berbagai aspek yang dapat diimplementasikan agar persoalan seperti itu tidak terulang,” ujarnya.

Pejabat yang akrab dipanggil dengan sebutan ‘Pak Tommy’ itu mengutarakan hasil investigasi dan rekomendasi akan disampaikan kepada Menteri Perhubungan dengan tembusan ke Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan (BPSDMP) Kemenhub.

Pak Tommy berharap kejadian tewasnya taruna sekolah transportasi tidak terulang. “Kita harus bahu-membahu agar kejadian di ATKP Makassar merupakan kejadian terakhir,” tegas mantan Kepala BPSDMP Kemenhub tersebut. (awe).

loading...