Angkasa Pura 2

Membangun Budaya Masyarakat Menggunakan Transportasi Umum

Koridor SDMMinggu, 17 Februari 2019
Djoko Setijowarno1

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Membangun transportasi umum adalah membangun sistem dan membangun peradaban termasuk di Indonesia. Itulah yang dilakukan Pemerintah sekarang khususnya Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Membangun sistem transportasi umum berupa penyediaan sarana dan prasarana, kelembagaan dan SDM, pola operasi dan eksternality,” kata Kepala Lab Transportasi Unika Soegijopranoto Semarang Djoko Susilo kepada BeritaTrans.com, Minggu (17/2/2019).

Menurutnya, keempat hal itu harus bersinergi satu sama lain untuk membangun layanan transportasi umum yang handal, sehingga dapat melayani kebutuhan mobilitas masyarakat.

Membangun peradaban, jelas Djoko= artinya mengajak publik untuk beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum. Publik menjadi terbiasa menggunakan transportasi umum untuk aktivitas mobilitas kesehariannya.

Sekarang sedang berkembang isu urban transport dan safety road makin mengemuka. Dikatakan, setidaknya ada tiga hal yang harus dilakukan untuk tersedianya transportasi umum (public transport), jalur kendaraan tidak bermotor (unmotorrized), seperti jalur pejalan kaki, jalur sepeda dan TDM (transport demand management).

Namun, menurut Djoko, dalam memenuhinya tidak meninggalkan kepentingan sahabat disabilitas.

LRT Salah Satunya

Djoko menambahkan, light rail transit atau LRT adalah salah satu transportasi umum jenisnya kereta yang merupakan bagian prasarana dan sarana dalam sistem transportasi umum.

Salah satu keunggulan kereta adalah daya angkutnya massal, tetapi kelemahannya tidak door to door (dari pintu ke pintu).

Setiap pengguna transportasi umum pasti pejalan kaki. Oleh sebab itu, terang Djoko, perlu disediakan trotoar dan jalur sepeda. Untuk warga yang mau menggunakan sepeda, dekat stasiun atau halte dapat tersedia juga parkir sepeda.

Beberapa kota di mancanegara sudah menyiapkan program bike sharing. Pengguna transportasi umum dapat menyewanya atau disediakan gratis. Sepeda sudah tersedia dekat stasiun atau halte.

Jika sudah tersedia transportasi umum yang memadai dengan menjangkau seluruh kawasan perumahan dan pemukiman. Dan juga tersedia jalur non motorized.(helmi)

loading...