Angkasa Pura 2

Dikaji, Tilang Elektronik Bagi Pelanggar Jalur Transjakarta

KoridorSenin, 18 Februari 2019
2019-02-18 23.01.36

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Direktur Operasional PT Transjakarta Daud Joseph mengemukalan tengah mengkaji kemungkinan untuk menerapkan sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) di jalur khusus bus transjakarta atau busway.

Sistem ETLE, dia menuturkan ingin diterapkan untuk mensterilisasi busway. Sebab, masih banyak pengendara yang menerobos busway hingga saat ini.

“Kami sedang menjajaki kira-kira kalau jalur busway dipasangi kamera ETLE, memungkinkan atau tidak. Nah saat ini kami sedang melakukan studi lebih mendalam,” ujar Daud di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Senin (18/2/2019).

PT Transjakarta, kata Daud, ingin memasang kamera CCTV ETLE karena melihat keberhasilan sistem tilang yang diterapkan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya itu menurunkan pelanggar lalu lintas.

Selain itu, sistem tilang tersebut juga diharapkan mengubah budaya pengendara dalam berlalu lintas menjadi lebih tertib.

Daud menyampaikan, kajian yang dilakukan PT Transjakarta saat ini fokus soal biaya yang dibutuhkan untuk pengadaan kamera CCTV ETLE tersebut.

“Jangan sampai kita menembak nyamuk pakai meriam. Memang mati nyamuknya, tapi kan biaya yang dikeluarkan untuk matiin sebuah nyamuk gede sekali. Nah itu yang sedang kita pelajari berapa sih sebetulnya biayanya,” kata dia.

PT Transjakarta akan menerapkan ETLE itu jika biaya yang dikeluarkan setara dengan hasil yang akan didapatkan.

“Kalau memang ternyata hasil kajiannya menyatakan cukup visibel, dengan dana yang relatif efisien, kita bisa mencapai tujuan, yaitu jalurnya steril,” ucap Daud. Demikian kompas.com memberitakan. (moy).

loading...