Angkasa Pura 2

Transjakarta Operasikan Bus Premium dari Stasiun MRT Fatmawati ke BSD dan Bintaro Mulai 12 Maret 2019

KoridorSenin, 18 Februari 2019
tarif-jadi-rp-10-ribu-penumpang-royaltrans-meningkat-200-persen_m_197932-640x421

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Manajemen PT Transjakarta akan mengoperasikan bus premium di koridor BSD-Stasiun MRT Fatmawati dan Bintaro-Stasiun MRT Fatmawati mulai 12 Maret 2019, tepat saat MRT Jakarta mulai diuji coba operasi untuk publik.

Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono mengatakan, dua rute itu akan dilayani menggunakan bus premium transjakarta, yakni Royaltrans.

“Yang dari Bintaro, BSD, itu direncanakan akan ada yang dengan Royaltrans,” kata Agung di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Senin (18/2/2019).

Direktur Operasional PT Transjakarta Daud Joseph menyampaikan, untuk tahap pertama, PT Transjakarta akan mengoperasikan dua bus Royaltrans di masing-masing rute. Jumlah armada di masing-masing rute akan ditambah sesuai banyaknya penumpang.

Untuk rute BSD-Stasiun Fatmawati, titik awal dimulai dari Giant BSD, menuju Rawa Buntu, kemudian masuk ke Tol Lingkar Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR), hingga akhirnya tiba Stasiun Fatmawati.

Sementara untuk rute Bintaro, titik awal dimulai dari Bintaro Trade Center melalui Tol JORR menuju Stasiun Fatmawati.

“Rute non-BRT risikonya macet, tapi minimal kompensasinya adalah kenyamanan, makanya bus-bus yang saya arahkan ke titik itu adalah bus royal, tarifnya beda,” kata Daud.

Tarif yang akan dikenakan untuk dua rute itu, kata Daud, berkisar antara Rp 20.000 sampai Rp 25.000. Penumpang nantinya harus kembali merogoh kocek jika ingin melanjutkan perjalanan menggunakan MRT Jakarta dari Stasiun Fatmawati.

Meskipun tarif bus Royaltrans cukup mahal, Daud menyebut tarif itu masih lebih murah dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi.

“Kalau dengan orang yang menggunakan kendaraan pribadi, perbandingannya masih jauh lebih murah. Kendaraan pribadi dari BSD misalnya, bayar tol, sopir, BBM, cicilan mobil. Ini (Royaltrans) tinggal duduk manis sampai Fatmawati,” ucap Daud.

Selain dua rute itu, PT Transjakarta akan membuka empat rute baru pada waktu yang sama, yakni rute Pondok Cabe-Stasiun Lebak Bulus, Cinere-Stasiun Lebak Bulus, Jatijajar-Stasiun Lebak Bulus, dan Jatijajar-Stasiun Fatmawati.

Empat rute itu akan dilayani menggunakan bus transjakarta reguler dengan tarif Rp 3.500 untuk sekali perjalanan.

“Contoh Jatijajar-Lebak Bulus, itu rutenya reguler, Rp 3.500. Kenapa? Karena ini rute yang selama ini dilayani oleh rute-rute kendaraan yang juga reguler,” ujar Daud.

(moy/sumber: kompas.com).

loading...
  • https://plus.google.com/114152216946091402412 I Nengah Dwijaya

    Walah, Transjakarta nanggung banget plannya. kalau hanya 2 bus BSD-Fatmawati, dengan asumsi PP tanpa mereka stop, itu estimasi 1 jam sekali baru ada busnya.
    Idealnya minimal 4 bus, agar bisa 30 menit sekali. atau 5 bus kalau mau salah satu bus ada jeda istirahat.

    plannya nanggung alias tidak serius