Angkasa Pura 2

Tahukah Anda, Perizinan Angkutan Darat Dilakukan Secara Online (SPIONAM)

KoridorRabu, 20 Februari 2019
IMG-20190220-WA0009

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) komitmen memberikan pelayanan kepada pengguna jasa, termasuk layanan perizinan yang cepat, tepat dan akurat.

“Kini, sistem perizinan usaha angkutan darat sudah dilayani secara online. Pelaku usaha tak harus datang ke Jakarta untuk mengurus perizinan, karena sistem perizinan dilakukan secara online,” kata salah satu pejabat bidang perizinaan Direktorat Angkutan Jalan Ditjen Hubdat Erlina Indriasari kepada BeritaTrans.com di Jakarta, Rabu (20/2/2019).

Dikatakan, dengan aplikasi online yaitu Sistem Perizinan Online Angkutan Darat dan Multimoda (SPIONAM), yang diluncurkan triwulan II 2018 menjanjikan kemudahan dan kecepatan pelayanan perizinan.

Dikatakan, ada lima perizinan yang diterbitkan Spionam. Antara lain, izin standar pelayanan minimal ASDP, izin penyelenggaraan angkutan orang dalam trayek, izin penyelenggaraan angkutan orang tidak dalam trayek dan izin penyelenggaraan angkutan orang tdalam trayek.

Adapun sistem pelayanan aplikasi SPIONAM yang meliputi perijinan :

1.Ijin Standar Pelayanan Minimal Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan;
2.Ijin Pengoperasian Kapal Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan;

3.Ijin Penyelenggaraan Angkutan Orang Dalam Trayek, meliputi pelayanan :
a.Ijin penyelenggaraan AKAP;
b.Ijin Penyelnggaraan ALBN,

4.Ijin Penyelenggaraan Angkutan Orang Tidak Dalam Trayek, meliputi pelayanan :
a.Ijin Pepeyelenggaraan Angkutan Orang untuk Keperluan Pariwisata,Angkutan Carter,

b.Angkutan Sewa umum untuk keperluan Pariwisataaaaa Angkutan Antar Jempu, Angkutan Permukiman, angkuta Karyawan, Angkutan Sewa Khusus yang melebihi 1 (satu) Propinsi.

5.Ijin Peyelenggaraan Angkutan Barang Berbahaya da Beracun, meliputi pelayanan:
a.Ijin penyelenggaraan Angkutan Berbahaya dan Beracun;
b.Ijin penyelenggaraan Alat Berat.

Erlina Indriasari menambahkan, perizinan untuk Angkutan Orang Tidak Dalam Trayek mengatakan, untuk SPIONAM pada perijinan Angkutan Orang Tidak Dalam Trayek meliputi;

a.Regristasi Perusahaan
Tahap pertama : Untuk mendapatkan username dan pasword silahkan daftarkan perusahaan yang dimiliki dengan cara mengisi Form Pendaftaran Perusahaan yang ada di aplikasi SPIONAM;

b.Penyampaian Legalitas
Tahap kedua : Jika telah memiliki username dan password selanjutnya login dan uploud dokumen legalitas perusahaan yang dimiliki;

c.Permohonan Izin Penyelenggaraan
Tahap ketiga : ajukan permohonan izin penyelenggaraan dengan melampirkan dokumen pemohon dan monitor progres permohonan melalui fitue Monitoring Progres.

d.Permohonan Realisasi Kendaraan
Tahap keempat : Perusahaan mengajukan permohonan izin realisasi kendaraan dengan menyertakan data – data kendaraan yang ingin diajukan
Semua data – data dokumen perusahaan dan kendaraan di scan dan menjadi file untuk kemudian diajukan di proses.

SPIONAM bukanlah hal yang menakutkan tetapi justru sangat membantu pengusaha angkutan umum dalam pengurus perizinan, cukup dari tempat domisili perusahaan proses perizinan sudah bisa jalan, tentunya hal ini sangat menghemat waktu.(erl/helmi)

loading...