Angkasa Pura 2

Ditjen Hubdat Tengah Persiapkan Regulasi Terkait Pemanfaatan Terminal

Ekonomi & Bisnis KoridorSabtu, 23 Februari 2019
IMG-20190223-WA0079

IMG-20190223-WA0085

BANDUNG (BeritaTrans.com) – Dirjen Perhubungan Darat (Hubdat) Kemnehub Budi Setiyadi mengatakan, pihaknya kini tengah berupaya menerbitkan regulasi yang mendorong pemanfaatan terminal. Infrastruktur ini merupakan salah satu simpul pelayanan transportasi, tapi juga bisa dioptimalan termasuk sebagai kawasan bisnis.

“Sementara saya meningkatkan aspek prasarana terminal, di aspek regulasi saya sudah mewajibkan seluruh operator untuk menaikkan dan menurunkan penumpang hanya di terminal, dan semua bus wajib masuk terminal. Jadi nanti terminal akan menjadi tempat pemberangkatan dan penurunan penumpang. Terminal nanti akan ramai lagi,” kata Dirjen Budi di Bandung melalui siaran pers yang diterima BeritaTrans.com, Sabtu (23/2/2019) malam.

Dikatakan Dirjen Budi, pihaknya sedari awal telah menyampaikan pada Walikota Bandung bahwa rencana pengambilalihan Terminal Tipe A Cicahem Bandung ini sudah seharusnya digunakan dan dimaksimalkan demi kepentingan masyarakat.

“Saya menyampaikan kepada Bapak Walikota Bandung, Pemerintah fungsinya memberikan nilai lebih pada masyarakat, mengenai Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebetulnya nanti begitu ditingkatkan semua pelayanan dan fisik terminalnya yang akan menikmati hasilnya ya masyarakat juga meski tidak secara langsung,” jelas dia.

“Jadi sebetulnya banyak juga yang didapatkan dari Pemerintah Pusat (Pengambilalihan Trminal Tipe A), akhirnya dikembalikan kepada daerah, tidak melulu perkara uang,” jelas Dirjen Budi.

IMG-20190223-WA0073

Dukung Pemerintah Pusat

Sementara, Walikota Bandung Oded Muhammad Danial menyambut baik kunjungan Dirjen Budi dan rombongan serta siap mendukung program Pemerintah Pusat di Kota Bandung.

“Alhamdulillah, saya sekarang mendapat respon positif dari bapak Dirjen. Sudah menjadi amanat bahwa Terminal Tipe A itu pengelolaannya kembali kepada pusat. Semoga masyarakat kita bisa mendapatkan manfaatnya lebih cepat,” sambutnya saat merespon pernyataan Dirjen Budi terkait pengambilalihan 2 terminal tersebut.

Dalam pertemuan ini hadir juga Direktur Prasarana Transportasi Jalan M. Risal Wasal, Kepala Subdirektorat Pengendalian Operasional Direktorat Lalu Lintas Jalan Marwanto Heru Santoso, Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) wilayah IX Jawa Barat Agung Rahardjo, dan Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Didi Ruswandi. Kunjungan tim Direktorat Jenderal Perhubungan Darat diakhiri dengan meninjau fasilitas yang ada di terminal Leuwipanjang, Kota Bandung, Jawa Barat.(helmi)

Foto: Aulia,hms-Ditjen Hubdat

loading...