Angkasa Pura 2

Kunjungan ke Bandung, Dirjen Budi Jamin Terminal Makin Bagus dan Jadi Tujuan Investasi di Daerah

KoridorSabtu, 23 Februari 2019
IMG-20190223-WA0092

IMG-20190223-WA0094

BANDUNG (BeritaTrans.com) – Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat), Budi Setiyadi dalam kunjungannya ke Bandung, Jawa Barat, Sabtu (23/2/2019) menegaskan perlunya perbaikan fasilitas dan kondisi terminal, termasuk di Kota Bandung ini.

“Saya memimpikan bahwa akan ada terminal yang bagus dan akan kita perbaiki semua. Kalau bagus kan jadi investasi daerah. Saya jamin terminal akan bagus!” kata Dirjen Budi saat memberikan pernyataannya pada awak media yang hadir saat kunjungannya ke Rumah Dinas Walikota Bandung.

Meski secara bertahap, Dirjen Budi menjanjikan bahwa berangsur-angsur pihaknya akan membenahi dan membangun kondisi terminal. Acara kunjungan kerja Direktur Jenderal ini sekaligus untuk membicarakan mengenai rencana pelimpahan Terminal Leuwipanjang dan Terminal Cicaheum.

“Untuk Terminal Cicaheum Bandung ini sangat memungkinkan untuk dilakukan skema Kerja Sama Pemanfaatan (KSP). Saya akan market sounding kepada beberapa pengusaha dan ditawarkan untuk dibuat Transit Oriented Development (TOD),” kata Dirjen Budi.

IMG-20190223-WA0087

Dukung Konsep TOD di Bandung

Guna mendukung konsep TOD ini tadi, Dirjen Budi menyatakan pihaknya juga akan memaksimalkan fungsi terminal dengan moda lain. “Sekarang harus ada kajian untuk mencari apakah ada moda transportasi lain yang bisa dikoneksikan dengan terminal,” tambahnya.

Selain itu, lanjut Dirjen Budi bahwa pihaknya sedari awal telah menyampaikan pada Walikota Bandung bahwa rencana pengambilalihan terminal ini sudah seharusnya digunakan dan dimaksimalkan demi kepentingan masyarakat.

“Saya menyampaikan kepada Bapak Walikota Bandung bahwa Pemerintah fungsinya memberikan nilai lebih pada masyarakat, mengenai Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebetulnya nanti begitu ditingkatkan semua pelayanan dan fisik terminalnya yang akan menikmati hasilnya ya masyarakat juga meski tidak secara langsung,” sebut Dirjen Budi.

“Jadi sebetulnya banyak juga yang didapatkan dari pusat dan akhirnya dikembalikan kepada daerah, tidak melulu perkara uang,” tegas Dirjen Budi.(helmi)

Foto; Aulia/Hms Ditjen Hubdat

loading...