Angkasa Pura 2

Solusi Macet Kota Bandung, Pindahkan Pemerintahan Atau Tata Angkutan Umum

KoridorSabtu, 23 Februari 2019
IMG-20190223-WA0001

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Wakil Gubernur (Wagub) Jabar Uu Ruzanul Ulum wacanakan Pusat Pemerintahan Jabar dipindah dari Kota Bandung karena macet yang semakin parah. Perlu solusi terbaik dan cepat.

“Masalah itu sudah dibahas karena di sini kan macet. Kemudian (kantor) Pemerintah di sini acak-acakan (terpisah). Terasa sama saya, di saat butuh dinas minimal nunggu 20 menit itu yang dekat. Sementara tamu menunggu dan kebijakan dibutuhkan oleh masyarakat,” kata Uu seperti dikutip @taufik hidayat.

Dikatakan, salah satu solusinya (mengurai kemacetan) dengan memindahkan Pemerintahan ke wilayah Tegalluar dan itu menurut kami dibutuhkan untuk koordinasi bersama dinas dengan satu kawasan.

“Gedung ini (Gedung Sate/ pusat pemerinahan Pemprov Jabar) bisa dimanfaatkan untuk yang lain. Sudah dikomunikasikan (dengan DPRD Jabar) tapi masih nondival,” sebut Wagub Jabar.

Menurut Taufik yang juga pakar transportasi, wacana ini “bukannya mencari jalan keluar agar kota bebas dari kemacetan. (Solusi) ini malah meninggalkan warganya tetap tenggelam dalam kemacetan,” papar Taufik.

Tata Angkutan Umum

Yang harus dilakukan Pemrov Jabar dan Pemkot Bandung, menurut pakar tranportasi Djoko Setijowarno, adalah dengan menata arus lalu lintas termasuk trayek angkutan umum di Kota Bandung dan sekitarnya.

“Dengan trayek angkutan umum yang baik dan terpadu, maka orang tak perlu menggunakan kendaraan pribadi untuk ke kantor atau aktivitas lainnya,” jelas Djoko.

Masalahnya sekarang, mampu tidak menata kembali angkutan umum dan mengintegrasikan dengan BRT bahkan dengan moda KA dan lainnya? (helmi)

loading...