Angkasa Pura 2

Urus Perizinan Sendiri Mudah, Kini Ada Pelayanan Terpadu Keliling Kampung Kota di Jakarta

Ekonomi & Bisnis KoridorSenin, 25 Februari 2019
PTSP 2

JAKARTA (BeritaTrans.com) – DPMPTSP Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, sebagai penyelenggara pelayanan publik, di tengah-tengah mereka dapat menularkan semangat “Urus Izin SENDIRI itu MUDAH”. Sosialisasi ini dilakukan setiap pribadi yang ada di Kampung Kota tersebut dengan menjalin ikatan yang kuat layaknya sebuah keluarga.

“Idealnya, pelayanan publik yang diselenggarakan oleh pemerintah harus secara serius mendengar keinginan dan ekspektasi masyarakat dan merespons setiap keinginan tersebut dalam rangka menghadirkan pelayanan publik yang Prima (put the customers in the driver’s seat),” kata Kepala DPMPTSP DKI Jakarta Edy Junedi dalam siaran pers di Jakarta.

Kini, satu inovasi terbaru Pemprov Jakarta adalah Pelayanan Terpadu Keliling Kampung Kota, Kemudahan Perizinan Hadir Di Depan Rumah Warga. Warga masyarakat bisa mengurus perizinan apapun termasuk UMKM di bidang transportasi, kuliner dan lainnya.

Perdana, jelas Edy, inovasi layanan ini dilaksanakan di Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat (Jakbar). “Selanjuntya, akan kita lakukan secara berkala dan berkesinambungan di berbagai Kampung Kota lainnya di Jakarta” ujar Edy.

Selain penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Keliling Kampung Kota, DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta juga kerap memberikan kemudahan dan pendekatan layanan melalui inovasi Pelayanan Terpadu Keliling Kepulauan Seribu yang sukses dilakukan beberapa tahun terakhir.

Pada tahun 2019 ini, direncanakan akan dilakukan di delapan Pulau Permukiman, diantaranya Pulau Tidung, Pulau Lancang, Pulau Pari, Pulau Untung Jawa, Pulau Panggang, Pulau Kelapa, Pulau Harapan, dan Pulau Sebira.

Program penyelenggaraan PTSP pada Ruang Publik juga terus dikembangkan oleh DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, diantaranya di Mall/Pusat Perbelanjaan, Perkantoran, Taman/RPTRA, Rumah Sakit, Pasar, Sekolah dan tempat-tempat pusat kegiatan warga lainnya di Ibukota, direncanakan terdapat lebih dari 300 kegiatan pada tahun 2019 ini.

“Kami terus mengupayakan sinergi antara pemerintah, swasta dan masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang Prima di Jakarta” tukas Edy.

Pelayanan Terpadu Keliling Kampung Kota telah sukses dilaksanakan di Lingkungan RW 002 Kelurahan Duri Kepa, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat pada Kamis (21/2/2019) mulai pukul 09.00 sampai 14.00 dengan melayani permohonan dan konsultasi perizinan/non perizinan kewenangan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta.

Selain itu juga Unit Layanan lainnya, diantaranya Pelayanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Pengembangan Kewirausahaan Terpadu bersama Suku Dinas UMKM Jakarta Barat, BPJS Kesehatan, layanan perbankan BUMN oleh PT Bank BNI (persero), dan Posyandu.

Sementara, Kepala Unit Pelaksana (UP) PTSP Kecamatan Kebon Jeruk, Tatang, menyampaikan inovasi layanan ini mendapatkan animo positif dari warga. Suasana kekeluargaan yang erat sangat terlihat di Pelayanan Terpadu Keliling Kampung Kota.

“Mereka yang mengenakan sandal jepit, bercelana pendek, dan ibu-ibu yang menggendong anaknya, semua memiliki hak kesetaraan yang sama untuk mendapatkan pelayanan publik yang Prima. Alhamdulillah, animo warga positif dan sangat antusias dengan hadirnya kami langsung di tengah-tengah mereka.” ujar Tatang.

Tatang menambahkan, perizinan terbanyak yang diajukan oleh warga yaitu Perpanjangan Izin Penggunaan Tanah Makam (IPTM). Diikuti dengan pelayanan konsultasi terkait perizinan dan pengembangan usaha mikro dan kecil, layanan pembuatan Kartu Identitas Anak, pembuatan Kartu Indonesia Sehat, dan layanan lainnya. Adapun total pengunjung yang memanfaatkan inovasi layanan Pelayanan Terpadu Keliling Kampung Kota berjumlah 147 orang.

“Uniknya pelayanan di Kampung Kota ini adalah efek ketok tular yang begitu cepat. Pemohon rata-rata datang berkelompok dengan mayoritas Ibu Rumah Tangga. Kami berharap dengan kuatnya peran Ibu dalam pembentukan karakter individu dalam keluarga turut menularkan semangat bahwa Urus Izin SENDIRI itu MUDAH” tegas Tatang.(helmi)

loading...