Angkasa Pura 2

Aptrindo Apresiasi Rencana Pemerintah Tetap Izinkan Truk Beroperasi Saat Mudik Lebaran 2019

KoridorSabtu, 2 Maret 2019
Kyatmaja Lookman

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Aptrindo mnyambut positif dan mengapresi Pemerintah jika nanati tetap mengisinkan truk tetap boleh beroperasi di masa angkutan Lebaran tahun 2019 mendatang.

Apalagi, beberapa proyek infrastrukrur di ruas tol Jakarta-Cikampek akan selesai menjelang mudik Lebaran Idul Fitri 1440 H mendatang. Tol Jakarta-Cikampek yang menjadi biang macet selama ini akan hilang.

“Jadi akan menjadi lebih , (kalau truk tetap beroperasi,” kata Wkil Ketua Umum Aptrindo Kyatmaja Loookman menjawab BeritaTrans.com di Jakarta, Sabtu (2/3/2019).

“Kita (Aptrindo) mengapresiasi kalau ada pegurangan waktu (masa angkutan Lebaran) dan dimungkinkan truk tetap lewat,” kata Kyat, sapaan akrab dia lagi.

Seperti diketahui, beberapa poek di ruas tol Jakarta-Cikampek, terutama Tol Elevated akan sekesai dibangun dan bisa dioperasikan. Target Kementerian PUPR, Tol Elevated akan selesai menjelang mudik Lebaran 2019 nanti.

Impliaksnya, kapasitas jalan khususna ruas tol Jakarta-Cikampek yang menjadi biang macet selama akan menjadi lancar. Daya tampung jalan menjadi sangat besar, dan arus kendaraan pemudik pun diprediksi makin lancar.

Menurut Kyat, untuk ruas tol Trans Jawa dan Jalur Pantura dan
Jalur Selatan Jawa akan semakin lancar. “Kapasitas jalan cukup besar, dan pemudik ada pilihan jalan yang terbaik dan tidak macet,” kilah Kyat.

Potensi Masalah di Daerah Wisata

Yang menjadi masalah ke depan, termasuk saat musim Lebaran, menurut Kyat adalah kapasitas dan kemacetan lalu lintas di daerah wisata.

“Untuk daerah ini (kawasan wisata) memang agak berat (rawan macet),” sebut Kyat.

Saat itu (masa Lebaran), akan ada limpahan kendaraan dan wisatawan dari luar daerah, terutama pemudik yang juga berkunjung ke beberapa objek wisata.

“Sementara, jalan-jalan di tempat lain seharusnya tak ada masalah. Potensi masalah hanya di tempat-tempat wisata saja,” tegas Kyat.(helmi)

loading...