Angkasa Pura 2

Direktur Ahmad Yani Monitor dan Evaluasi Proyek Padat Karya Ditjen Hubdat di Terminal Tirtonadi Solo

Koridor SDMMinggu, 3 Maret 2019
IMG-20190303-WA0012

SOLO (BeritaTrans.com) – Direktur Angkutan Jalan Direktorat kenderal (Ditjen Hubdat), Kementerian Perhubungan Ahmad Yani, ATD, MT melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan program padat karya tahun 2019.

Program Padat Karya Tahun 2019 di lingkungan Ditjen   Perhubungan Darat (Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dilaksanakan di berbagai daerah di Indoneia. Salah satunya di Terminal Tipe A Tirtonadi, Surakarta atau Solo, Jawa Tengah (Jateng).

“Program padat karya merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat marginal/ miskin yang bersifat produktif dan memanfaatkan sumberdaya alam, tenaga kerja. Selain itu menggunakan teknologi lokal dalam rangka mengurangi kemiskinan, meningkatkan pendapatan, dan menurunkan angka stuning,” kata Direktur Ahmad Yani kepada BeritaTrans.com di Jakarta, Minggu (3/3/2019) petang.

Dikatakan, pelaksanaan monitoring kegiatan padat karya Ditjen Hubdat tahun 2019 ini dilaksanakan di Terminal Tipe A Tirtonadi, Surakarta, Sabtu-Minggu tanggal 23 sampai 24 Februari 2019 silam.

Di  Provinsi Jateng, kata Ahmad Yani, terdapat beberapa kegiatan padat karya yang dilaksanakan Ditjen Hubdat melalui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Jateng san DIY.

Semua program padat karya berjalan sukses. Dan tim monitoring Ditjen Hubdat tak menemukan permasalahan atau kendala-kendala pada saat pelaksanaan kegiatan padat karya yang di selenggarakan Ditjen Hubdat dan BPTD Jateng dan DIY,” tandas Ahmad Yani.

Berdayakan Masyarakat Sekitar

Program tersebut,  menurut Ahmad Yani, sekaligus dimaksudkan untuk ikut memberdayakan masyarakat sekitar proyek khususnya di simpil-simul transportasi di Tanah Air. Ditjen Hubdat bersama masyarakat berperan aktif dan menjaga kebersihan dan kelestarian pelayanan yang diselenggarakan oleh Ditjen Hubdat.
 
Saat monitoring proyek ini, menurut Ahamd Yani sekaligus melaksanakan pemantauan dan pelaporan kegiatan padat karya kepada pimpinan. Sementara, pelaksana proyek adalah BPTD Wilayah X Provinsi Jateng, khususnya di Terminal Tipe A Tirtonadi.

Usai melakukan pantauan dilanjutkan adalah melakukan evaluasi pelaksanaan kegiatan padat karya Ditjen Hubdat  tabun anggaran 2019 yang dilaksanakan BPTD wilayah X Provinsi Jawa Tengah dan DIY.

Monitoring ini, menurut Ahmad Yani agar dapat mewujudkan hasil yang efektif dan efisien. Mereka berjalan sesuai dengan sasaran program yang ditetapkan dalam menyediakan atau meningkatkan infrastruktur dalam pendekatan partisipasi masyarakat dalam skala kawasan untuk meningkatkan sosial ekonomi wilayah.

Kegiatan padat karya yang dilaksanakan oleh BPTD Jateng dan DIY ini meliputi kegiatan pemeliharaan gedung dan bangunan. Kegiatan ini meliputi kegiatan pembersihan dan pengecatan dinding dan bangunan Terminal Tirtonadi Kota Surakarta. 

Tim monitoring bersama BPTD   Wilayah X, meliputi seluruh Terminal Tirtonadi Kota Surakarta. Kemudian meninjau kondisi eksisting di lapangan Terminal Tirtonadi Kota Surakarta.(helmi)

loading...