Angkasa Pura 2

Kapal Singapura Juga Diperbaiki Galangan Gamatara Trans Ocean Shipyard di Cirebon

DermagaMinggu, 3 Maret 2019
2019-03-03 14.10.51

2019-03-03 14.11.00

CIREBON (BeritaTrans.com) – Di Pelabuhan Cirebon, Jawa Barat, berbagai kapal hilir mudik ke galangan Gamatara Trans Ocean Shipyard.

Dari tugboat hingga tongkang silih berganti untuk menjalani perbaikan di galangan milik putera Cirebon dan sebagian besar pekerjanya juga berasal dari Cirebon itu.

BeritaTrans.com dan Aksi.id, Sabtu (2/3/2019), bahkan melihat sejumlah kapal berlabuh untuk menanti giliran diperbaiki di galangan yang dilengkapi dengan dua floating dock tersebut.

Direktur Utama PT Gamatara Trans Ocean Shipyard, Muarip Santoso, mengemukakan setiap bulan rata-rata 10 kapal diperbaiki, sebagian besar tugboat dan tongkang.

Kapal itu datang dari berbagai penjuru tanah air dan luar negeri, salah satunya Singapura. “Biasanya tugboat dan tongkang itu membawa muatan ke Cirebon. Lalu setelah bongkar muat, tugboat dan tongkang diperbaiki di sini,” jelasnya didampingi direktur keuangan dan marketing Gamatara Trans Ocean Shipyard, Hanafi.

2019-03-03 14.11.09

2019-03-03 14.11.26

Kapal di galangan Gamatara Trans Ocean Shipyard biasanya untuk menjalani sandblasting, replatting atau painting. Kapal dapat pula menjalani kombinasi tiga perawatan itu.

“Pekerjaan biasanya paling telat sekitar satu bulan. Tergantung jenis pekerjaan. Sejauh ini hasil pekerjaan kami dinilai memuaskan sehingga banyak maskapai pelayaran menjadikan kami tempat tetap perbaikan bodi kapal,” ungkap Muarip.

Hanafi menambahkan selain perbaikan bodi kapal, Gamatara Trans Ocean Shipyard juga membangun kapal. Sebelumnya sudah membangun 8 kapal tugboat, satu tongkang keruk, dua floating dock dan satu mooring boat.

Sebagai institusi bisnis di pelabuhan, dia menjelaskan berbagai perizinan sudah dimliki termasuk dokumen lingkungan dan izin lingkungan. “Demikian pula izin serta dokumen HPL dan HGB lahan 10 hektar milik Kementerian Perhubungan. Komplet,” jelasnya.

DUKUNG PROGRAM PEMERINTAH

Eksistensi galangan Gamatara Trans Ocean Shipyard, Muarip menegaskan menjadi bagian dari komponen bangsa yang mendukung program pemerintah, termasuk Tol Laut.

2019-03-03 14.11.17

Dengan mempekerjakan sekitar 1.000 pegawai, dia menyatakan perusahaan ini juga membantu pemerintah dalam menyediakan lapangan pekerjaan. “Kami menampung putera daerah. Dengan demikian, kami ikut juga membantu Pemerintah Daerah Cirebon dan Jawa Barat dalam usaha membangun perekonomian,” jelasnya.

Muarip juga menghaturkan terima kasih kepada pemerintah, termasuk Kementerian Perhubungan, Kementerian Perindustrian, Kementerian LHK, Pemda Cirebon dan Pemda Jawa Barat atas dukungan kepada Gamatara Trans Ocean Shipyard.

(awe).

loading...