Angkasa Pura 2

Luncurkan Bus Bandara di Citra Raya Tangerang, Menhub Ajak Developer Perumahan Fasilitasi Transportasi Massal

Bandara KoridorSenin, 4 Maret 2019
CR1

TANGERANG (BeritaTrans.com) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengajak developer perumahan untuk memfasilitasi sarana angkutan massal bagi warganya untuk mengurangi tingkat kemacetan di perkotaan. Penyediaan angkutan massal seperti bus diharapkan dapat menurunkan penggunaan kendaraan pribadi hingga 60 persen pada tahun 2024.

Demikian disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat peluncuran pengoperasian Bus Bandara Jabodetabek Airport Connexion (JA Connexion) rute perumahan Citra Raya-Bandara Soekarno Hatta, di Tangerang, Minggu (3/3/2019).

Menhub Budi mengatakan penggunaan transportasi umum merupakan keniscayaan bagi masyarakat. “Warga Citra Raya Tangerang kalau mau ke Bandara yang biasanya menggunakan mobil pribadi, sekarang bisa memakai bus. Satu bus bisa melayani hingga 50 penumpang. Selain mengurangi kemacetan juga ramah lingkungan,” kata Menhub Budi.

Lebih lanjut, Menhub Budi juga mendorong pengembang perumahan swasta lain dapat berperan dalam menyediakan angkutan umum massal lainnya bagi kebutuhan warga perumahan.

“Saya mengapresiasi peran pengembang Citra Raya dalam menyediakan kebutuhan transportasi umum bagi warga dan membantu pemerintah mewujudkan program naik kendaraan umum,” ungkapnya.

Selanjutnya, Menhub Budi Karya juga mendorong agar Perum DAMRI bisa mempromosikan angkutan yang baru diluncurkan tersebut dengan tur gratis ke Bandara Soetta pada periode tertentu.

Dengan cara-cara tersebut, tambah Menhub, maka animo masyarakat untuk naik angkutan umum ke Bandara Soetta khususnya bus DAMRI akan terus meningkat.(helmi)