Angkasa Pura 2

Kapusbang SDM Hubla I Nyoman Sukayadnya Lantik dan Kukuhkan 83 Perwira Pelaut Lulusan PIP Makassar

SDMSelasa, 5 Maret 2019
IMG-20190305-WA0056

IMG-20190305-WA0054

MAKASSAR (BeritaTran.com) – Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar kembali melantik Perwira Pelayaran Niaga lulusan Program Diklat Pelaut (DP) Tingkat I Angkatan XII dan Diklat Pelaut Tingkat IV angkatan VII. Puluhanpelaut itu dilepas untuk kembali berkarya sebagai perwira pelaut profesional di Indonesia dan dunia.

Para perwira pelaut itu secara resmi, dilantik dan dikukuhkan sebagai Perwira Pelayaran Niaga. Pelantikan perwira pelaut lulusan PIP Makassar itu dilakukan di Hotel Claro Pettarani Makassar, Selasa (5/3/2019).

Pelantikan diikuti oleh 83 orang perwira. Rinciannya diklat pelaut tingkat I Nautika 7 orang, diklat pelaut tingkat I Teknika 9 orang, diklat pelaut tingkat II Nautika 25 orang.

Diklat Pelaut tingkat II Teknika 26 orang, diklat pelaut tingkat III Nautika 6 orang. Selanjunya, lulusan Diklat Pelaut tingkat III Teknika 3 Orang, Diklat Pelaut tingkat IV Teknika 7 Orang.

Perwira Pelayaran Niaga tersebut dilantik dan dikukuhkan oleh Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut (Kapusbang SDM Hubla) BPSDMP Ir. I Nyoman Sukayadnya, MM didampingi Direktur PIP Makassar Capt. Rachmat Tjahjanto, MM, M.Mar.

IMG-20190305-WA0057

Kampanye Konvensi IMO

Dalam sambutannya, Nyoman SUkayadnya mengatakan, bahwa International Maritime Organization (IMO) telah mengampanyekan sebuah tema “IMO CONVENTIONS: EFFECTIVE IMPLEMENTATION”.

Tujuannya kampanye tema tersebut untuk memperoleh kebulatan pandangan terhadap pelaksanaan yang efektif pada semua konvensi konvensi yang telah diterapkan dan dilaksanakan oleh negara peserta.

Lebih lanjut Nyoman Sukayadnya, mengatakan, selaku Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut mengajak semua stakeholder yang terlibat pada sektor pendidikan dan pelatihan kepelautan untuk bersama-sama melakukan pembaharuan yang efektif dan global terhadap semua konvensi IMO.

Selain itu, jelas Nyoman SUkayadnya juga membangun sinergitas untuk menjaga kualitas pelaut Indonesia agar sejalan dengan perkembangan teknologi maritim dan peraturan peraturan internasional.

Nyoman Sukayadnya juga mengajak peserta pelantikan khususnya dan alumni Diklat Pelaut pada umumnya untuk merapatkan barisan serta menciptakan soliditas dalam satu wadah ikatan sebagai pelaut profesional.

Selanjutnya komit untuk senantiasa bahu membahu dalam mendukung program Pemerintah dalam rangka melakukan penyempurnaan kemampuan sumber daya manusia (SDM) pelaut secara terus-menerus atau Continuous Improvement.

Hal itu menurut putra Bali itu, adalah untuk menciptakan transportasi yang handal, efektif dan efisien dengan tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan pelayaran.(helmi)