Angkasa Pura 2

Warung Loa Bogor, Kampung Ramah Lingkungan Nasional Belum Dilengkapi Angkutan Umum

Destinasi KoridorSelasa, 5 Maret 2019
FB_IMG_1551741400312

FB_IMG_1551741410765

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kampung Warung Loa RW 012 ini adalah Juara 2 Kampung Ramah Lingkungan Tingkat Nasional pada tahun 2018. Memang kampung ini memiliki pengelolaan lingkungan yang ramah dan terorganisir rapi bersama warganya.

“Lounge Warung Loa ini memiliki pengelolaan limbah air rumah tangga terpusat, air bersih bersama serta Bank Sampah dan Kelompok Wanita,” kata analis Fakta Azas Tigor Nainggolan di Jakarta, kemaron.

Jika kita masuk ke kampung ini memang terasa sejuk dan bersih serta nyaman. Warganya pun ramah serta akrab. Daerahnya pun sejuk dan tidak bising.

“Pantas jika kampung ini menjadi juara 2 Kampung Ramah Lingkungan tingkat Nasional,”  kata Tigor lagi.

Implikasinya, papar Tigor, daerah ini makin banyak didatangi wisatawan terutama  warga daerah atau kota lain di Tanah Air.

“Mereka ingin melakukan studi banding dan belajar mengelola dan mambangun kota atai desa ramah lingkungan seperti Kampung Warung Loa,” papar Tigor.

Minim Angkutan Umum

Cuma sayang, kritik Tigor, kampung ini belum  dilengkapi dengan angkutan umum yang baik dan terpadu. Dampak buruknya, orang agak kesulitan menjangkau daerah ramah lingkungan ini.

Jalan-jalan desa di Kampung Warung Loa ini, tambah Tigor sangat kecil sehingga menyulitkan kendaraan  khususnya mobil seperti angkot/ angkudes masuk ke kampung Warung Loa itu.

Kampung Loa, Ciapus Bogor tersebut ada wisata alam Air Terjun Curug Nangka dan Curug Luhur. Daerah ini masuk Kab. Bogor Jawa Barat.

Di Kampung Loa ada juga Pura Besar serta Vihara. Tempat-tempat tersebut banyak sekali dikunjungi terutama pada akhir pekan.

“Tapi sayang, jalan raya dari Bogor menuju ke lokasi tersebut sangat kecil, pas dua mobil kecil dua arah. Begitu pula sarana angkutan umumnya hanya Angkot yang kurang baik,” tandas Tigor.
(helmi)

loading...