Angkasa Pura 2

Presiden Jokowi Minta Angkasa Pura II Segera Kelola Bandara Lampung

BandaraJumat, 8 Maret 2019
IMG-20190308-WA0015

LAMPUNG (BeritaTrans.com) – Presiden Joko Widodo meminta Angkasa Pura II untuk segera mengelola Bandara Radin Inten II Lampung. Hal itu disampaikan disela meresmikan Terminal Baru Bandara, Jumat (8/3/2019).

Di dalam kesempatan itu Kepala Negara didampingi oleh Ibu Iriana Joko Widodo, serta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Dirjen Perhubungan Udara Polana B. Pramesti, dan Kepala Bandara Radin Inten II Asep Kosasih dan President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin.

“Diserahkan saja ke Angkasa Pura II agar pengelolaan dan pengembangan lebih cepat,” ujar Jokowi.

Kata Jokowi, bila telah dikelola Angkasa Pura II, akan mendatangkan lebih banyak penerbangan domestik dan internasional di Bandara Radin Inten II.

“Pengelolaan oleh AP II akan membuat penerbangan lebih banyak,” ungkapnya.

Saat ini Bandara Radin Inten II masih dikelola Unit Penyelenggara Bandara Udara (UPBU) di bawah Kementerian Perhubungan.

Sebelumnya pada Agustus 2018, UPBU Kemenhub dan AP II sudah menandatangani Nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) terkait serah-terima pengelolaan Bandara Radin Inten II.

Dirjen Perhubungan Udara Polana B. Pramesti mengatakan, saat ini proses penyerahan pengelolaan Bandara Radin Inten II ke AP II telah memasuki tahap verifikasi aset Barang Milik Negara.

“Pengembangan akan dilakukan oleh AP II karena sekarang dalam proses verifikasi aset untuk pengelolaan Kerja Sama Pemanfaatan Barang Milik Negara, diharapkan AP II nanti yang investasi,” kata Polana.

President Director AP II Muhammad Awaluddin menambahkan bahwa diharapkan dalam waktu dekat pembahasan pengelolaan bandara tersebut bisa dituntaskan.

“Dalam waktu dekat kami harapkan AP II bisa segera menjadi pengelola Bandara Radin Inten II. Kami sudah menyiapkan berbagai rencana pengembangan termasuk perluasan terminal penumpang,” tuturnya. (omy)

loading...