Angkasa Pura 2

Berbahaya Gunakan Ponsel Saat Mengemudi, Dan Diancam Sanksi Pidana Sesuai UU LLAJ

KoridorSabtu, 9 Maret 2019
FB_IMG_1552128043437

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Berponsel sambil mengemudi kendaraan berisiko tinggi dam bisa memicu kecelakaan. Aktivitas itu bisa merusak konsentrasi yang berujung maut di jalan raya.

Aktivitas ini (gunakan ponsel) sangat bertentangan dengan Undang-Undang No.22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ),” sebut @ditjen hubdat dan @terminal tipe a Louksumawe.

Dalam UU LLAJ pasal 283 menjelaskan: “Bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di Jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1) dipidana dengan kurungan paling lama tiga bulan atau denda paling banyak Rp750.000.”

Meskipun bermain hp/ponsel tidak dijelaskan secara langsung, sebut Ditjen Hubdat namun pasal ini telah menegaskan agar pengendara harus berkonsentrasi dalam mengoperasikan kenderaan.

Sedikit empati dapat menyelamatkan jiwa orang lain, begitu seharusnya kita bertindak atau etika di jalan raya.

Setiap pengemudi harus taat san tertin berlalu lintas. Dia berjalan dengan mengedepankan keselamatan diri sendiri serta pada pengguna jalan lainnya.(helmi)

loading...