Angkasa Pura 2

Industri Penerbangan Nasional Hadapi Tantangan Berat

Bandara KokpitSabtu, 9 Maret 2019
Pergerakan Pesawat di Bandara Soekarno Hatta

JAKARTA (BeritaTrans.com) -Komite Tetap Kadin Indonesia Perhubungan Udara, Denon Prawiraatmadja mengatakan bahwa di tahun ini transportasi udara sedikit menghadapi tantangan yang cukup berat diawali dengan kenaikan kurs dimana nilai Rupiah melemah karena kondisi ekonomi dunia dan berdampak pada dunia penerbangan.

“Kita yang saat ini sedang dalam keadaan berhati-hati untuk tetap bertahan.¬† Masalah-masalah yang masih memberatkan juga adalah masalah pajak yang hubungannya dengan lease pesawat udara,” kata Denon di Jakarta, kemarin.

Di lain pihak, lanjutnya, kemajuan di bidang infrastruktur seperti Bandara terus berkembang untuk kepentingan masa depan. Semuanya butuh antisipasi dengan baik serta SDM dengan kualitas prima.

“Juga munculnya moda transportasi di luar pesawat terbang yaitu moda helikopter yang akan membantu untuk mempersingkat perjalanan dalam kota di area jabotabek dan sekitarnya yang saat ini terkendala oleh macetnya jalan darat,” kilah Denon.

Infrastruktur lainnya yang saat ini terus berkembang adalah pembangunan jalan tol yang menghubungan satu kota dengan kota lain untuk mempersingkat waktu perjalanan dimana hal ini juga akan terasa pengaruhnya untuk dunia penerbangan dengan berkurangnya penumpang pesawat.(helmi)

loading...