Angkasa Pura 2

Industri 4.0 Buat Matahari dan Bluebird Gulung Tikar ?

Koridor SDMSelasa, 12 Maret 2019
IMG_20190211_211506

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Dunia dewasa ini sudah, termasuk Indonesia kini sudah memasuki era industri 4.0. Kita harus mengambil untung disana, atau kita akan hanyut terbawa arus deras serba tidak menentu ini.

“Era keempat disebut era pengganggu atau teknologi disruptive, era 4.0, yang sedang kita hadapi saat ini. Yang membuat koran, TV, Matahari, Bluebird pada “gulung tikar”, kata investigator senior KNKT Achmad Wildan, ATD, MT kepada BeritaTrans.com di Jakarta, Selasa (12/3/2019).

Dikatakan, saat ini kita memasuki era big data. Siapa yang menguasai big data, dia yang akan pegang kendali. “Semua peraturan dianggap tidak berlaku lagi, semua harus mengikuti permainan industri 4.0 ini,” kata Wildan lagi.

Unicorn seperti Alibaba, Tokopedia, Bukalapak, Gojek, Grab, Uber dan lainnya, menurut Wildan, adalah beberapa contoh para punggawa industri 4.0 di Indonesia saat ini.

“Mereka bahkan bisa memaksa negara untuk merubah regulasinya,” kata kandidat doktor di Univeritas Tarumanegara Jakarta itu.

Menurutnya, semua konsep ilmu survey konvensional seakan musnah, dalam ilmu transport OD. “Survey yang dulu adalah suatu keharusan untuk menyusun jaringan transportasi, sekarang tidak berlaku lagi,” kilah Wildan.

Wildan menambahkan, Industri (4.0) ini benar-benar mengganggu tatanan keilmuan, sosial, budaya dan ekonomi dunia.

Bahkan Donald Trump (Presiden AS kini) yang pada setiap debat, pada setiap pooling survey selalu kalah. Dengan memanfaatkan big data ini bisa merubah hasil pemilu di USA.

“Luar biasa industri 4.0 ini dan kini sudah merambah ke Indonesia,” tandas Wildan.(helmi)

loading...