Angkasa Pura 2

Pesawat 737-Max 8 Digrounded, Garuda dan Lion Air Tingkatkan Utilisasi Armada Eksisting

Bandara KokpitSelasa, 12 Maret 2019
IMG_20190312_140155

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Pesawat jenis Boeing 737-Max 8 digrounded (hentikan) sementara, dua maskapai nasional yakni Garuda Indonesia dan Lion Air meningkatkan utilisasi armada jenis lainnya.

“Kami mendorong manajemen meningkatkan utilisasi dari yang biasanya sembilan jam sehari menjadi 11-12 jam,” jelas Komisari Utama Garuda Indonesia Agus Santoso di Jakarta, Selasa (13/3/2019).

Kemarin (12/3/2019) kata dia, usai mendarat di Soekarno Hatta dari Hong Kong, armada Boeing 737-Max 8 satu-satunya yang dimiliki Garuda langsung dinonaktifkan sementara.

“Kami sebagai operator mematuhi keputusan regulator dan akan mengikuti apa yang seharusnya dilakukan,” katanya.

Hal senada disampaikan Direktur Operasional PT Lion Mentari Airlines Capt. Daniel Putut menyikapi penghentian sementara operasional sembilan pesawat jenis tersebut.

“Dengan tidak dioperasikannya untuk sementara pesawat Boeing 737 MAX 8 , maka Lion akan meningkatkan utilisasi penggunaan pesawat yang ada,” ujar dia.

Misalnya saja dituturkannya, selama ini utilisasi pesawat rata-rata 10 jam, maka akan ditingkatkan menjadi sekitar 12 jam per hari.

Seperti diketahui, kemarin Surat Edaran dari Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan perihal penghentian sementara operasional Boeing 737 MAX 8 di Indonesia.

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Polana B Pramesti menegaskan bahwa penghentian sementara operasional pesawat Boeing 737-Max 8 ini hingga hasil ramp check dan inspeksi rampung dilaksanakan.

“Hari ini kita mulai melakukan inspeksi terhadap pesawat Boeing 737- Max 8,” kata Polana.

Dia juga menegaskan bahwa terkait maskapai asing yang akan terbang ke Indonesia tidak akan diberlakukan grounded karena bukan kewenangan mereka.

“Kewenangan kita hanya pada local airlines tidak asing,” imbuhnya.

Diakui Polana bahwa upaya ini dilakukan untuk keselamatan penerbangan. Sejak musibah tahun lalu, pihaknya juga telah melakukan sejumlah langkah-langkah untuk mengetahui kelaikan pesawat. (omy)

loading...