Angkasa Pura 2

Sharing Season Urgensi PSO Kereta Api Hadirkan Para Ahli

EmplasemenRabu, 13 Maret 2019
IMG_20190313_102401

IMG_20190313_102526

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Sharing Season urgensi Public Service Obligation (PSO) Kereta Api (KA) hadirkan para ahli di Kantor Pusat PT Kereta Api Indonesia di Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Diinisiasi Komisaris Utama PT KAI Jusman Syafii Djamal, para ahli berkumpul membahas seberapa penting dan efektifitas PSO bagi keberlangsungan layanan operasi KAI.

Hadir diantaranya Pengamat Transportasi dan Kebijakan Publik Agus Pambagyo, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan Sugihardjo, Staf Ahli Menteri Perhubungan Cris Kuntadi, Pengamat Djoko Setijowarno, mantan Direktur Utama KAI Edi Haryoto serta ahli lainnya.

“PSO hadir sebagai dukungan pemerintah untuk menjadikan KA sebagai suatu moda transportasi yang dapat memindahkan kemacetan jalan raya,” tutur Jusman.

Hal ini menurutnya menjadi sebagai insentif atas keinginan masyarakat yang berpindah dari kendaraan pribadi ke angkutan umum salah satunya KA/KRL.

Menurutnya, layanan yang baik, keteraturan perjalanan dan stasiun yang rapi, aman dan selamat menjadi target KAI.

“Terus meningkatkan jumlah penumpang di Jabodetabek merupakan kinerja dan peningkatan produktifitas untuk ikut serta mendukung mengurangi kemacetan dengan memindahkan penumpang naik KRL,” ungkapnya.

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro menyampaikan, pada tahun 2017 pihaknya berhasil mengangkut 394 juta penumpang dan pada tahun 2018 menjadi 425 juta orang.

IMG_20190313_102450

“Angkutan Jakarta-Bandung menjadi favorit, terbukti saat ini terdapat 14 rangkaian atau 28 perjalanan setiap harinya dari sebelumnya hanya 16 trip,” ungkap dia.

Hal ini mengingat banyaknya pembangunn jalan sehingga masyarakat pengguna jasa lebih banyak memilih menggunakan KA ke dan dari Bandung.

Jusman menambahkan bahwa dengan sharing season ini diharapkan dapat memberikan pencerahan untuk lebih memahami penting tidaknya PSO bagi operasional KAI. (omy)

loading...