Angkasa Pura 2

KSOP Kepulauan Seribu jadi Tuan Rumah Pelatihan ISPS Code

DermagaKamis, 14 Maret 2019
IMG-20190314-WA0035

IMG-20190314-WA0036

JAKARTA (BeritaTrans.com) – KSOP Kelas IV Kepulauan Seribu menjadi tuan rumah Pelatihan ISPS Code dan dalam latihan ini sebagai PSC (Port Security Commite).

Kepala KSOP Kepulauan Seribu Capt. Herbert E. P marpaung menjelaskan, personel yang terlibat dalam latihan ini adalah pekerja NR Dan PTK, personel eksternal dari Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan Kepulauan Seribu, Satrol Lantamal III Jakarta, Polres Kepulauan Seribu, dan Basarnas Jakarta.

Exercise ISPS Code dilakukan Selama tiga hari. Diawali dengan UPS Killing dan sosialisasi ISPS Code. Selain itu simulasi Table Top Exercise dan diakhiri dengan gelar Manuvra exercise ISPS Code.

IMG-20190314-WA0037

Direktur KPLP Ahmad diwakili Kepala Subdit Patroli dan keamanan Capt. Ramadhan. H Harahap menyampaikan Apresiasi kepada PT. Nusantara Regas yang telah menunjukkan komit untuk selalu berupaya memelihara kepatuhan terhadap peraturan ISPS Code.

Kapal-kapal yang terlibat dalam latihan ini dari kantor KSOP Kelas IV Kepulauan Seribu yaitu KN. 054 kapal kelas V Dan KN. 017 speed boot.

Komit Dirjen Perhubungan Laut dan Direktorat KPLP sebagai Designated Authority (DA) untuk implementasi ISPS Code di Indonesia Kapal dan fasilitas pelabuhan berdasarkan PM. 134 tahun 2016.

“Isinya tentang manajemen Kapal dan fasilitas Pelabuhan pada pasal 42 ayat (3) pelaksanaan exercise dilakukan 12 bulan tetapi tidak melebihi Waktu 18 bulan untuk satu kali pelaksanaan,” ungkapnya.

Direktur Utama PT. Nusantara Tegas Moch. Taufik Afianto menjelaskan bahwa Gelaran Manuvra ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan dan merupakan wujud komit dalam mematuhi Comply terhadap peraturan keamanan standart International IMO.

“Kami juga mengikuti Amandemen ” Safety Of Life At Sea (SOLAS) 1974 tentang ISPS Code yang diberlakukan Secara Internasional pada 1 Juli 2004, Terminal khusus FSRT LNG Nusantara Regas Satu yang terbuka dan dikunjungi kapal-kapal pelayaran Internasional,” ujar dia.

Pada Juni 2013 telah dinyatakan comply ISPS Code Dan mendapatkan SoCPF (Statement of Compliance of a Port Facility) dari Pemerintah. (omy)

loading...