Angkasa Pura 2

157 Masuk Diklat Pengemudi Smart di PKTJ Tegal Secara Bertahap

Koridor SDMJumat, 15 Maret 2019
20190315_081229

20190315_081253

JAKARTA (BeritaTrans.com) – PKTJ Tegal bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta mendidik dan menyiapkan calon pengemudi angkutan umum di masa depan. Diklat calon pengemudi ini akan dilakukan dalam empat tahap di di kampus PKTJ.

“Mereka dididdik dan disiapkan menjadi awak angkutan umum yang smart, profesional dan berwatak melayani. Mereka juga taat atruan dan disiplin di jalan,” kata instruktur pengemudik dan dosen PKTJ Tri Susila Hidayati menjawab BeritaTrans.com di Jakarta, Jumat (15/3/2019).

Dikatakan, diklat pengemudi di PKTJ masih ada lagi. Mereka akan masuk kampus mengikuti diklat secara bertahap. Sebanyak 157 pengemudi akan masuk diklat di PKTJ Tegal.

“Angkatan 1 sebanyak 25 orang, Angkatan 2 sebanya 25 orang, Angkatan 3 sebanyak 28 orang, dan Angkatan 4 sebanyak 29 orang.

Materi diklat pengemudi meliputi teori, praktik serta membangun sikap mental para pengemudi nantinya. “Mereka bukan hanya harus mahir mengemudi, tapi perilaku, sikap dan pelayanan mereka juga harus baik,” jelas Susi.

Susi sendiri, mengampu materi Norma dan Etika Pengemudi. “Dalam diklat pengemudi cerdas ini, bukan hanya membekali dengan kemampuan teknis mengemudi. Tapi juga mempunyai sikap mental dan perilaku yang baik dan terpuji di jalan raya,” sebut Susi.

Para peserta diklat pengemudi menjalani proses diklat dari pagi sampai sore. “Sementara, materi dan agenda diklat sudah disusun sedemikian rupa, agar para peserta usai diklat benar-benar menjadi pengemudi idaman,” kilah Susi.

“Setiap pagi – sore dilahir peraturan baris berbaris (PBB) sebagain bagian mendidik disiplin mereka. Selain terori di kelas, daan ada pula praktik di lapangan,” terang Susi.

Namun begitu, ada waktu istirahat, jam makan, jam sholat dan selanjutnya. “Kata mereka belajar disiplin ternyata sangat berat,” tandas SUsi menirukan.(helmi)

loading...