Angkasa Pura 2

Perlu Menambah Rest Area di Tol Jelang Arus Mudik Lebaran 2019

KoridorJumat, 15 Maret 2019
djoko unika SMG

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Perlu menambah reas aera khususnya di sepanjang ruas tol TransJawa. Menjelang arus mudik Lebaran 2019 mendatang.

“Penambahan rest area menjadi penting dan diperlukan. Jika ditambah di sepanjang tol tersebut kurang efektif. Karena ramai hanya pada saat musim mudik Lebaran 2019 mendatang,” kata Kepala Lab Transportasi Unika Soegijopranoto Semarang Djoko Setijowarno, ST, MT kepada BeritaTrans.com di Jakarta, Jumat (15/3/2019).

Ada baiknya, lanjut dia, di sekitar setiap gerbang tol yang bukan lahan milik operator tol, disiapkan lahan untuk rest area. ‘Pemda dapat menyiapkan itu dan bekerja sama dengan operator jalan tol minta dibuatkan rambu petunjuk di sepanjang tentang keberadaan rest area di luar tol,” papar Djoko.

Menurutnya, para pebisnis lokal yang mulai terpuruk akibat dampak tol dapat diberi peluang buka usaha di rest area dekat gerbang tol. Mulai sekarang harus sudah disiapkan Pemda, supaya tidak terlambat.

Potensi Kecelakaan Tetap Ada

Dikatakan Djoko, potensi kecelakaan lalu lintas juga mengancam pengguna jalan tol jika tidak berhati hati. Melaju di jalan tol biasanya memacu kendaraan dengan kecepaan tinggi. “Disitulah potensi ecelakaan tetap mengancam,” kilah Djoko.

Data dari PT jasa Marga (Maret 2019), menurut Djoko, ada beberapa ruas tol yang perlu diwaspadai, seperti km 365 – km 375 Tol Batang-Semarang, km 475 – km 485 Tol Semarang-Solo, km 715 – km 725 Tol Surabaya-Mojokerto, km 795 – km 805 Tol Gempol-Pandaan.

oleh karenanya, Djoko menyarankan perlu pemasangan rumble strip sebelum rest area. Setidaknya pada jarak 1,5 km sebelum rest area untuk mdngingatkan pengguna jalsn tol agar mengurangi laju kendaraannya.

Jalur pantura akan dipenuhi pemudik roda dua dan sebagian roda empat. Apalagi, harga tiket pesawat atau kereta api (KA) cenderung masih tinggi. Alternatif orang akan naik kendaraan pribadi bahkan sepeda motor.

“Disinilah aparat di lapangan harus ekstra waspada dan selalu mengingatkan pemudik tetap waspada dan mengutamakan keselamatan,” tandas Djoko.(helmi)

loading...