Angkasa Pura 2

Warta Ekonomi Berikan Apresiasi Pada Jubir Terbaik 2019, Termasuk Perusahaan Sektor Transportasi

Ekonomi & Bisnis Koridor SDMJumat, 15 Maret 2019
IMG-20190315-WA0033

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Era digital membuat penyebaran informasi begitu mudah dan cepat aksesnya. Informasi yang benar dan salah bisa dengan mudah menyebar dan bisa menjadi viral. Kemampuan dan kepiawaian mengelola informasi ke dean akan menjadi kunci sukses termasuk dalam dunia bisnis.

“Saat ini, siapapun dapat memulai penyebaran isu dan bisa menyebar dengan massif dalam waktu sekejap. Tak terkecuali di dunia bisnis, informasi yang salah akan membuat citra negatif perusahaan di mata publik,” kata Pemimpin Umum Warta Ekonomi Muhammad Ihsan pada acara Spokeperson of Years Award 2019 di Jakarta, Jumat (15/3/2019).

Menurutnya, perusahaan membutuhkan juru bicara (jubir/spokeperson) yang mewakili perusahaan untuk menjadi jembatan informasi kepada publik maupun stakeholder.

“(Kebutuhan) itu tidak hanya ketika publik kehilangan pemikiran yang relevan dengan isu perusahaan yang tersebar,” jelas Muhammad Ihsan lagi.

Tapi dalam kondisi normal pun, komunikasi perusahaan dengan publik, konsumen maupun stakeholder harus terus terpelihara.

Dikatakan, jubir atau spokesperson yang telah membangun kepercayaan dan kredibilitas perusahaan, menciptakan dan memelihara citra publik yang positif, memelihara komunikasi dengan publik.

Selanjutnya, jubir harus bisa memberikan informasi yang benar. Atas dasar itulah, Warta Ekonomi memberikan apresiasi oleh Warta Ekonomi dalam, “Spokespersonof The Year Award 2019”.

Sebanyak 39 jubir terbaik dari berbagai instansi menerima penghargaan dari Majalah Warta Ekonomi ini. Termasuk jubir atau humas dati perusahaan di sektor transportasi.

Penghargaan sebagai jubir terbaik 2019 dibagi menjadi beberapa kategori, dan masing-masing dipilih satu yang terbaik. Mulai dari BUMN, swasta yang bergerak di berbagai sektor usaha di tanah air.

Jubir Sektor Transportasi

Dari 39 jubir terbaik peraih SPokeperson ot Yeras Award 2019, termasuk beberapa jubir BUMN serta perusahaan yang bergerak di bidang transportasi dan infrastruktur transportasi di Tanah Air.

Mereka itu antara EVP Corporate Communication Garuda Indonesia Ikhsan Rosan, Jubir AP I Devy W. Suradji, Boy Kolasa Soeboto dari PT Astra International Indonesia, Wicaksono Soebroto dari Good Years Indonesia.

Selajutnya Arif Reza Fahlevi dari PT Mandiri Tunas Finance (MTF), Rouli H. Sijabat dari PT Toyota Astra Motor, Sara Loebis dari PT United Tactor, dan Ratna Ningrum, dari Waskita Beton Precast.

Para pemenang spokeperson, menurut Muhammad Ihsan adalah para spokeperson yang terbaik. Mereka dinilai memiliki empat poin penilaian antara lain:

1. Komunikasi Eksternal
Komunikasi eksternal adalah indikator penilaian berupa penjelasan yang diberikan spokesperson mengenai kinerja perusahaan, reputasi perusahaan dan kemampuan ekspansi perusahaan kepada media, pemerintah dan komunitas.

2. Penanganan Krisis
Penanganan saat krisis adalah indikator berupa kemampuan spokesperson menangani isu atau masalah yang tersebar di publik.

3. Kampanye Positif di Sosial Media
Kampanye positif di sosial media adalah indikator yang menilai program – program perusahaan yang dikampanyekan spokesperson di sosial media.

4. Sentimen Analysis
Sentimen Analysis adalah analisis sentimen sosial terhadap merek, produk atau layanan perusahaan.(helmi)

loading...