Angkasa Pura 2

Sarana dan Fasilitas Angkutan Umum di Jakarta Belum Aman Bagi Konsumennya

Aksi Polisi KoridorSabtu, 16 Maret 2019
IMG_20190125_083727

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Sarana dan fasilitas transportasi publik di Kota Jakarta belum sepenuhnya aman bagi penggunanya. Maraknya kekerasan dan kejadian penusukan di halte Transjakarta itu membenarkan survey yang menyimpulkan bahwa kota Jakarta sebagai salah satu paling tidak nyaman di dunia untuk dihuni.

“Kasus penusukan seorang penumpang Transjakarta di halte BNN Cawang, Jakarta Timur oleh penumpang lain merupakan fakta, bahwa keamanan di angkutan umum Jakarta belum optimal,” kata analis kebijakan Forum Warga Kota Jakarta (Fakta) Azas Tigor Nainggolan menjawab BeritaTrans.com di Jakarta, Sabtu (16/3/2019).

Jika tak segera diantisipasi, lanjut dia, bisa berkembang makin buruk. Masyarakat yang semula diharapkan mau beralih menggunakan transportasi umum menjadi takut. “Masalah ini harus segera diselesaikan oleh aparat Pemrov DKI Jakarta bersama pihak terkait,” kata Tigor.

Isu lain yang juga diangkat oleh teman wartawan, menurut Azas Tigor, adalah soal masih maraknya parkir di badan jalan di Jakarta. Saat ini manajemen parkir di badan jalan di Jakarta kembali harus diperbaiki secara serius karena karena semakin merusak kenyamanan dan membuat macet.

“Kondisi macet dan semrawutnya manajemen parkir ini memperkuat juga kesimpulan bahwa kota Jakarta memang salah satu kota paling tidak nyaman di dunia untuk dihuni,” jelas Tigor.

Kondisi ini kota seperti ini, papar Tigor, jelas menuntut agar Pemprov dan Gubernur Jakarta memperbaiki kebijakan pembangunannya. Perbaikan harus segera dilakukan karena selama ini kebijakan pembangunan yang dilakukan Gubenur Anis Baswedan hanya bersifat artifisial dan tidak substansial.

“Gubernur Anis hanya merombak jembatan penyebrangan dan jalan raya menjadi tempat yang menarik untuk bersafari warga. Warga tidak hanya butuh untuk berfoto sendiri semata tapi membutuhkan hidup lebih baik serta lebih nyaman dan aman lagi,” terang Tigor.(helmi)

loading...