Angkasa Pura 2

75% Kecelakaan Libatkan Sepeda Motor, Djoko: Kasih Doorprize Sepeda Kayuh Saja

Koridor SDMSenin, 18 Maret 2019
Laka kantas sepeda motor

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Pengguna sepeda motor di Indonesia mendominasi kasus kecelakaan. Tercatat, sebanyak 75% angka kecelakaan di Indonesia melibatkan sepeda motor.

“Mereka termsuk di usia produktif (15-40 thn) merupakan korban terbesar,” kata Kepala Lab Transportasi Unika Soegijopranoto Semarang Djoko Setijowarno, ST, M kepada BeritaTrans.com di Jakarta, Senin (18/3/2019).

Adanya kegiatan Milenial Road Safety, menurut Djoko, menjadi salah satu tujuannya untuk mengurangi angka kecelakaan pengguna sepeda motor di usia produktif.

Oleh sebab itu, Djoko mengusulkan, jika ada kegiatan ini sebaiknya tidak membagikan doorprize berupa sepeda motor. Dengan begitu tak menambah potensi terjadinya keelakan di jalan raya.

“Tapi alangkah baiknya jika diperbanyak pemberian sepeda kayuh saja,” papar Djoko yang juga akademisi senior itu.

Selanjutnya, dianjurankan kepada kepala daerah di Indonesia agar menata transportasi umum, membangun jalur pejalan kaki dan pesepeda.

“Dengan membangun angkutan umum yang baik, maka penggunaan mobil pribadi atau sepeda motor akan bisa dikurangi,” tukas Djoko.

Saat ini, ia menambahkan, banyak daerah yang tidak mempunyai angkutan umum yang memadahi. Termasuk angkutan pedesaan, yang kondisinya makin memprihatinan.

“Implikasinya, makin banyak warga masyarakat termasuk anak-anak sekolah menggunakan sepeda motor untuk beraktivitas,” sebut dia.

“Padahal, penggunaan sepeda motor cukup riskan memicu terjadinya kecelakaan,” tegas DJoko.(helmi)

loading...